JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kabar Terbaru Ibadah Haji 2021 Sragen, Calhaj Angkatan 2020 Bakal Dapat Prioritas Diberangkatkan. Manasik Dilakukan Secara Daring!

Ilustrasi kabah. Foto: pixabay.com
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pihak Kemenag Sragen belum bisa memastikan apakah tahun ini akan ada pemberangkatan calon jamaah haji (Calhaj) ke tanah suci.

Meski demikian, jika nanti sudah dibuka kembali, maka calhaj yang tertunda keberangkatannya tahun 2020 akan mendapat prioritas pertama untuk berangkat.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Sragen, Hanif Hanani kepada wartawan kemarin.

Ia mengatakan pemberangkatan haji 2020 kemarin memang tertunda akibat Pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Semua calon jamaah haji dari berbagai negara dilarang masuk Mekkah.

Sementara apabila nanti sudah dibuka kembali haji, angkatan 2020 Kabupaten Sragen masih akan diutamakan berangkat haji.

Sementara angkatan selanjutnya akan tetap mundur satu tahun. Hanif mengatakan angkatan 2020 ini sudah mengantri dari 12-an tahun lalu.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen

Meski belum ada kepastian, ia menyampaikan persiapan utamanya manasik haji tetap harus dilakukan. Untuk manasik haji saat ini dilakukan secara virtual sepanjang tahun 2021. Manasik haji dilakukan dengan sistem daring menggunakan zoom meeting.

Bagi yang calon jamaah haji yang sudah tua atau tidak bisa menggunakan zoom meeting, akan dijadikan satu kelompok di kampung atau desanya.

“Meskipun belum ada pemberitahuan kapan akan haji, tapi calon jamaah haji dituntut manasik haji sepanjang tahun. Dengan sistem daring menggunakan zoom. Bagi yang sudah sepuh, jadi ada beberapa yang berkelompok di kampungnya di satu tempat,” paparnya.

Hanif mengatakan persiapan haji masih terus dilakukan, termasuk memperbaharui masa paspor apabila akan habis. Manasik haji, dikatakan Hanif jangan sampai tidak ada.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Pelayanan pendaftaran haji sendiri terdapat di komplek Kantor Kemenag Sragen yang. Gedung pelayanan pusat haji dan umroh tersebut bahkan baru diresmikan Desember tahun lalu.

Dulunya pelayanan dilakukan di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dimana ketika Pandemi Covid-19 hanya melayani lima pendaftar setiap harinya.

Namun dengan gedung baru yang lebih luas, dalam sehari kantor pelayanan haji dan umrah Sragen bisa melayani sampai 20 orang setiap harinya.

Di kantor itu, juga bisa mengurus perpindahan haji, calon jamaah haji yang sudah meninggal sebelum berangkat. Dulunya anggota keluarga harus mengurus sampai di Jakarta.

“Sekarang sudah bisa dilayani di sini, yang pelimpahan bisa menyelesaikan di Sragen. Setelah pelayanan pindah tamunya semakin banyak dan lebih memudahkan aksesnya,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com