JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kapan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Selesai Dibangun dan Diresmikan? Begini Jawaban Tenaga Ahli Kementerian PUPR Bidang SDA

Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa
   
Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebuah waduk di Wonogiri yang saat ini tengah dalam proses pembangunan adalah Waduk Pidekso. Lokasi tanggul waduk ada di Kecamatan Giriwoyo, sementara cakupan genangannya sampai ke Kecamatan Batuwarno.

Waduk tersebut sudah beberapa tahun belakangan ini digarap dan belum juga menunjukkan waktu pasti kapan selesainya. Lantaran itu publik lantas bertanya-tanya kapan sebenarnya Waduk Pidekso selesai dibangun dan diresmikan operasionalnya.

Terkait hal itu, Ketua Tenaga Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Sumber Daya Air, Lucky H Korah, menjelaskan, Waduk Pidekso merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo ditargetkan selesai pada 2021 ini. Waduk rencananya diresmikan langsung oleh Presiden oko Widodo (Jokowi) Oktober mendatang.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

“Progres pembanguan waduk sudah mencapai hampir 70 persen,” ungkap dia, dalam kunjungannya di Wonogiri, Kamis (8/4/2021).

Lucky mengatakan, tidak ada permasalahan dalam pembanguan waduk. Pihaknya mengklai pekerjaan pembangunan yang berat sudah selesai, saat ini tersisa penyelesaian non teknis.

Baca Juga :  Di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Terungkap Sederet Manfaat Safari Ramadhan

“Pembangunan waduk sudah berjalan sesuai aturan. Semua tahapan sangat transparan dan telah memenuhi prinsip keadilan. Harapannya dengan selesainya Waduk Pidekso dapat membawa kemanfaatan untuk masyarakat Wonogiri nantinya,” ujar dia.

Lebih lanjut, dia membeberkan ada 61 bendungan atau waduk yang masuk dalam PSN yang sedang proses pembangunan. Targetnya 13 bendungan selesaj pada 2021, dan paling lama 2024 semua sudah rampung.

“Oktober tahun ini Waduk Pidekso bisa diresmikan,” jelas dia. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com