JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kapan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Selesai Dibangun dan Diresmikan? Begini Jawaban Tenaga Ahli Kementerian PUPR Bidang SDA

Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa

IMG 20200616 WA0037
Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebuah waduk di Wonogiri yang saat ini tengah dalam proses pembangunan adalah Waduk Pidekso. Lokasi tanggul waduk ada di Kecamatan Giriwoyo, sementara cakupan genangannya sampai ke Kecamatan Batuwarno.

Waduk tersebut sudah beberapa tahun belakangan ini digarap dan belum juga menunjukkan waktu pasti kapan selesainya. Lantaran itu publik lantas bertanya-tanya kapan sebenarnya Waduk Pidekso selesai dibangun dan diresmikan operasionalnya.

Terkait hal itu, Ketua Tenaga Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Sumber Daya Air, Lucky H Korah, menjelaskan, Waduk Pidekso merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo ditargetkan selesai pada 2021 ini. Waduk rencananya diresmikan langsung oleh Presiden oko Widodo (Jokowi) Oktober mendatang.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Hari ini Kamis 8 April 2021 Hujan Deras Plus Angin Kencang dan Petir Masih Berpotensi Terjadi di Jateng Selatan, Tinggi Gelombang Bisa Sampai 4,5 Meter

“Progres pembanguan waduk sudah mencapai hampir 70 persen,” ungkap dia, dalam kunjungannya di Wonogiri, Kamis (8/4/2021).

Lucky mengatakan, tidak ada permasalahan dalam pembanguan waduk. Pihaknya mengklai pekerjaan pembangunan yang berat sudah selesai, saat ini tersisa penyelesaian non teknis.

Baca Juga :  11 KK di Batuwarno Terisolir Sebagai Dampak Pembangunan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, Akhirnya Mereka Minta Direlokasi dan Bakal Terima Ganti Rugi. Lantas Dimana Mereka Akan Tinggal Nantinya

“Pembangunan waduk sudah berjalan sesuai aturan. Semua tahapan sangat transparan dan telah memenuhi prinsip keadilan. Harapannya dengan selesainya Waduk Pidekso dapat membawa kemanfaatan untuk masyarakat Wonogiri nantinya,” ujar dia.

Lebih lanjut, dia membeberkan ada 61 bendungan atau waduk yang masuk dalam PSN yang sedang proses pembangunan. Targetnya 13 bendungan selesaj pada 2021, dan paling lama 2024 semua sudah rampung.

“Oktober tahun ini Waduk Pidekso bisa diresmikan,” jelas dia. Aris