JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kepala Disdagnakerkop UMKM Karanganyar dan Kabag Setwan Positif Covid-19, Semua PNS dan THL Diswab Massal

Ilustrasi positif covid-19. Foto/Pixabay
PPDB
PPDB
PPDB

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM
Seluruh PNS atau aparatur sipil negara (ASN) serta tenaga harian lepas yang bekerja di Sekretariat DPRD Karanganyar menjalani swab tes serentak Kamis (22/4/2021).

Hal itu menyusul temuan salah satu PNS dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Swab tes dilakukan di laboratorium kesehatan milik DKK yang berada di komplek perkantoran Cangakan.

Bahkan untuk mengantisipasi penularan, seluruh ruangan yang ada di Komplek gedung Setwan, BPBD Karanganyar disemprot desinfektan.

“Iya betul. Seluruh ASN dan tenaga harian lepas menjalani swab tes. Salah satu ASN memang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Saya bahkan ikut mengantar tenaga harian lepas untuk melakukan swab tes,” ujar Prabowo, salah satu staf DPRD Karanganyar kepada wartawan, Kamis (22/4/2021).

Wakil ketua DPRD Karanganyar Anung Marwoko mengaku belum mengetahui secara pasti terkait dengan PNS yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Namun ia mengingatkan masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan. Sekalipun sudah divaksin hal itu tak serta merta aman.

Namun semua harus tetap waspada dan protokol kesehatan tetap mutlak diterapkan di situasi saat ini.

“Secara resmi kami belum menerima hasilnya dari DKK. Kami tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengabaikan virus Covid-19 ini meskipun sudah divaksin. Artinya euforia terhadap virus jangan berlebihan,” paparnya.

Sebelumnya, satu orang Kepala Dinas dan istrinya yang menjabat sebagai Kabag di Sekretariat DPRD (Setwan) setempat dilaporkan positif terpapar Covid-19.

Celakanya, dari keduanya kemudian menyebar ke bawahan dan PNS lainnya. Hasil mendapati 7 PNS di Setwan serta 3 PNS di dinas tersebut juga ikut tertular positif terpapar covid-19.

Kepala dinas yang terkonfirmasi positif itu adalah Kepala Disdagnakerkop UMKM. Ia diketahui positif karena tertular dari istrinya yang menjabat Kabag berinisial S di Setwan.

Fakta itu dibenarkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKK Karanganyar, Purwati. Ia membenarkan bahwa Kabag di Setwan berinisal S memang positif terkonfirmasi Covid-19.

Saat ini yang bersangkutan masih menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah. Dari hasil tracing yang dilakukan terhadap kontak erat dengan S, total ada 35 orang yang menjalani swab tes.

Hasilnya 7 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Menurutnya dari 7 orang yang dinyatakan positif Covid19 itu, DKK juga telah melakukan swab tes terhadap 17 orang, namun hasilnya belum keluar.

“Seluruhnya yang positif menjalani isolasi mandiri di rumah,” papar Purwati kepada wartawan, Kamis (22/4/2021).

Ia juga tak menampik, dari S, kemudian menulari suaminya yang menjabat sebagai Kepala Disdagnakerkop UKM Karanganyar.

Sang Kadinas saat ini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Dari kasus Kadinas, tim juga melakukan pelacakan dan swab tes terhadap kontak erat

“Dari hasil tracing, tiga ASN di lingkungan Disdagnakerkop UKM dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Dari 3 orang ASN ini DKK juga telah melakukan tracing terhadap 4 orang, namun hasilnya belum keluar,” tandasnya. Wardoyo