JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Kerajaan Inggris Berduka, Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II Wafat di Usia 99 Tahun

Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Foto: wikipedia.org

BUCKINGHAM, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris. Pangeran Philip, suami dari Ratu Elizabeth II, meninggal dunia, pada Jumat (9/4/2021) pagi waktu setempat. Pangeran Philip wafat di usia 99 tahun.

Kabar duka tersebut disampaikan Istana Buckingham, melalui keterangan pers resmi. Mendiang disebut wafat dengan damai di Kastil Windsor.

“Dengan duka mendalam, Ratu Elizabeth II mengumumkan bahwa sang suami, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, telah wafat dengan damai pagi ini di Kastil Windsor,” tulis keterangan resmi Istana Buckingham.

Baca Juga :  28 Anak-Anak di Gaza Meninggal Akibat Serangan Israel

Pangeran Philip lahir pada 10 Juni 1921 dan menikah dengan Ratu Elizabeth II sejak tahun 1947, tepat lima tahun sebelum diangkat sebagai Ratu Inggris.

pangeran philip dan ratu elizabeth II
Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. Foto: Instagram/theroyalfamily

Dari pernikahan tersebut, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II dikaruniai empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit. Adapun Pangeran Charles dan Camilla Shand berada di urutan berikutnya yang akan menggantikan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip sebagai pemimpin Kerajaan Inggris.

Pada bulan Februari lalu, Pangeran Philip sempat dilarikan ke rumah sakit karena penyakit jantung yang dideritanya. Baru di bulan Maret, Pangeran Philip keluar dari rumah sakit kemudian pulang untuk melanjutkan perawatannya di Kastil Windsor.

Baca Juga :  Membandingkan Kekuatan Militer Israel dan Pejuang Palestina, Siapa Lebih Unggul?

Dalam 10 tahun terakhir, Pangeran Philip tercatat sudah menjalani beberapa kali perawatan karena berbagai masalah kesehatan. Pada 2011, misalnya, Pangeran Philip menjalani sebuah operasi untuk menghilangkan sumbatan di arteri bagian jantungnya setelah dia dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sakit di bagian dada.

www.tempo.co