JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Keren, Peringati Hari Bumi 2021, Warga Jatisrono Wonogiri Turun Jalan Gelar Aksi Cabut Paku

Aksi cabut paku di pohon memperingati Hari Bumi di Jatisrono, Wonogiri. Dok. Kodim 0728
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Forkopimcam dan warga Jatisrono, Wonogiri, punya cara unik dalam memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April.

Mereka menggelar aksi untuk menjaga lingkungan di sekitar Kecamatan Jatisrono. Aksi ini digencarkan oleh seluruh elemen masyarakat dengan mencabut paku dan kawat yang tertancap di pohon di sepanjang jalan, Jumat (23/4/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Suradi, Batuud Koramil 14/Jatisrono Peltu Suyata, Kapolsek Jatisrono AKP Sukardi, organisasi pencinta alam Saka Giri, anggota Saka Wira Kartika Koramil 14/Jatisrono, perwakilan SMAN Jatisrono, perwakilan SMK Pancasila 2 dan 6 Jatisrono, perwakilan SMK YIS Jatipurno, perwakilan SMKN I Jatiroto, perwakilan anggota Mapala dari Jogjakarta.

Baca Juga :  Sadis, Korban Diduga Dibunuh Pakai Handuk Jasad Dibakar Lalu Dikubur, Terjadi di Setren Slogohimo Wonogiri

Pelda Suyata menyampaikan, kegiatan diawali pengecekan personil yang hadir. Dilanjutkan upacara pembukaan yang di pandu oleh Kak Teguh selaku Ketua Panitia. Setelah itu dilaksanakan pembagian kelompok tugas dalam rangka pencabutan paku.

Dia menambahkan, selain memperingati Hari Bumi Sedunia, aksi cabut paku tersebut juga bisa menyelamatkan perkembangan pohon itu sendiri. Dengan adanya pencabutan paku ini, setidaknya bisa membersihkan lingkungan.

Baca Juga :  Semarak Semangat Kartini Wonogiri Padukan Kreativitas dan Kemerdekaan Belajar

“Kalau pohon tersebut bersih dari paku-paku liar, pertumbuhannya tidak terganggu,” jelas dia.

Batuud menjelaskan, pencabutan paku dilaksanakan di sepanjang jalan Jatisronoโ€“Jatipurno, Jatisrono-Slogohimo, Jatisronoโ€“Jatiroto, Jatisronoโ€“Sidoharjo, masing-masing radius 1- 1,5 kilometer. Kegiatan dilanjutkan dengan sarasehan di gedung gotong-royong Jatisrono sambil menunggu waktu buka puasa. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com