JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tak Perlu Harus ke Kantor Kecamatan, 47 KPM di Kecamatan Karangtengah Wonogiri Terima BST Langsung di Rumah

Penyaluran bantuan sosial tunai di Kecamatan Karangtengah Wonogiri. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Puluhan Keluarga Penerima Manfaat (KOM) Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, tidak bisa mengambil jatah di kantor kecamatan setempat. Jatah bagi mereka diterima langsung di rumah masing-masing.

Penerimaan BST Kecamatan Karangtengah sebanyak 407 KPM. Namun yang dapat tersalurkan tidak semuanya. Terdata ada 360 KPM untuk bulan Maret dan April 2021 yang menerima di Pendopo Rumah Dinas Camat Karangtengah, Senin (19/4/2021).

Batuud Koramil 23/Karangtengah Peltu Khomaedi, mengatakan, ada sebanyak 47 KPM yang tidak menerima di kantor kecamatan. Mereka tidak bisa mengambil BST di kantor kecamatan sebagaimana 360 KPM lainnya. Ini karena puluhan KPM itu merupakan KK tunggal. Mereka berhalangan hadir, sementara menurut aturan pengambilan tidak boleh diwakilkan kepada orang yang diluar KK tersebut.

Baca Juga :  LKP Matematika Indonesia Bagikan Beras Peduli Masyarakat Terdampak COVID-19 di Wonogiri

“Untuk itu solusi dari petugas Kantor Pos akan mengantar ke rumah masing-masing penerima bantuan,” jelas dia.

Adapun penerima BST tersebar di masing-masing desa yakni, Desa Karangtengah 96 KPM tersalurkan 90 KPM, Desa Jeblogan 36 KPM tersalurkan 32 KPM, Desa Ngambarsari 62 KPM tersalurkan 48 KPM, Desa Purwoharjo 63 KPM tersalurkan 55 KPM dan Desa Temboro 150 KPM tersalurkan 135 KPM.

Di samping itu, anggota Babinsa Koramil 23/Karangtengah di masing-masing desa binaan melaksanakan pendampingan dalam kegiatan penyaluran BNPT di tempat e-warong yang sudah ditunjuk.

Baca Juga :  Ternyata Pemudik Terbanyak Adalah Tujuan Wonogiri, Begini Pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Jateng Ketika Memantau Rapid Tes di Terminal Tipe A Giri Adipura Krisak Selogiri

Lebih lanjut Batuud menjelaskan, Setiap KPM dalam penyaluran BPNT berhak menerima beras, telur, daging ayam dan tahu. Penerimaan BPNT semula sebanyak 941 KPM, namun di lapangan yang dapat tersalurkan 898 KPM. Adapun kendala yang dihadapi dalam penyaluran BPNT tersebut antara lain, sistem error sebanyak 16 KPM, bantuan ganda dan kartu tidak ditemukan sebanyak 27 KPM.

Adapun penerima bantuan yakni, Desa Karangtengah sebanyak 123 KPM yang tersalur 123 KPM, Desa Jeblogan 148 KPM tersalurkan semua. Desa Ngambarsari 181 KPM tersalurkan semua, Desa Purwoharjo 284 KPM tersalurkan 241 KPM dan Desa Temboro 205 KPM tersalurkan semua. Aris