JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bersama Sandiaga Uno, Anies Baswedan dan Erick Tohir Punya Mimpi Besar terkait Jakarta. Ini Mimpinya!

Anies Baswedan, Sandiaga Uno dan Erick Thohir. Foto/Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan memendam mimpi besar bersama Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Ia mengaku memiliki mimpi suatu saat kapal cruise akan kembali bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Hal itu ia sampaikan dalam acara penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara PT Jakarta Tourisindo, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek terkait penataan kawasan Sunda Kelapa-Kota Tua.

Penandatanganan berlangsung pada Rabu, 28 April 2021 di halaman Museum Fatahillah, Jakarta Barat.

“Kami punya mimpi bersama Pak Gubernur bagaimana Sunda Kelapa bisa kembali bersandar kapal cruise yang representatif,” papar Erick saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Baca Juga :  Longsor Parang Bangun Kecamatan Munjungan Trenggalek, Jalanan Tertutup Material Tanah

Erick Thohir mengatakan, saat ini Kementerian BUMN tengah memperbaiki fasilitas PT Pelindo I-IV. Salah satu yang diperbaiki, kata dia, adalah Pelabuhan Sunda Kelapa.

Menurutnya, upaya penataan kawasan Sunda Kelapa-Kota Tua yang digagas oleh Pemprov DKI sejalan dengan hal tersebut.

“Kalau kami bangun di Bali dan Labuan Bajo (untuk kapal cruise) kenapa di Jakarta tidak. Oleh karena itu harus fasilitas pendukungnya harus disiapkan,” tutur Erick.

Anies Baswedan menyebut penataan tersebut bukan hanya bangunan saja, tetapi seluruh kawasan seluas 240 hektar dari Sunda Kelapa sampai ke Kota Tua.

Dengan penataan itu, kata Anies, kawasan Sunda Kelapa akan lebih siap menerima kapal cruise yang membawa turis.

Baca Juga :  Anggap Sebagai Pihak Berperkara, Otto Hasibuan: Megawati Tidak Tepat Sebagai Amicus Curiae

“Insya Allah nanti kalau kapal cruise bersandar di Sunda Kelapa akan leluasa berjalan-jalan ke kawasan Kota Tua ini,” ujar Anies.

Selain Anies dan Erick, penandatanganan itu juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi serta sejumlah pejabat lainnya.

Anies berharap dukungan dari Kementerian BUMN untuk mendorong revitalisasi aset, akses pendanaan baik government maupun nongovernment, serta mengoptimalkan peran ITDC untuk mengembangkan Kota Tua.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar narasi tentang Kota Tua diangkat dalam khazanah sejarah dan budaya di Ibu Kota. Termasuk, kata Anies, dukungan dari Bank Indonesia khususnya pada program UKM.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com