JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

Resmi ini, Penutupan Tempat Wisata di Wonogiri Diperpanjang Sampai Tanggal ini, Kalau Mau Plesir Harus Ditunda Dulu Slur

Sejumlah penumpang menaiki perahu wisata di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
PPDB
PPDB
PPDB

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Warga yang akan berwisata di Kabupaten Wonogiri mesti bersabar dulu. Pasalnya semua tempat wisata di Kota Sukses itu masih ditutup.

Fakta itu menyusul ketika Pemkab Wonogiri, memperpanjang waktu penutupan objek wisata. Perpanjangan penutupan terhitung sejak Senin (17/5/2021), sampai dengan Minggu (23/5) mendatang.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 443.2/881 tertanggal 17 Mei 2021. Dalam SE itu menyebutkan, alasan perpanjangan penutupan terkait erat dengan pandemi COVID-19.

”Sebagai antisipasi melonjaknya kunjungan wisata ke sejumlah destinasi, sekaligus guna pengendalian melonjaknya penyebaran dan penularan COVID-19, ya akhirnya kami perpanjangan penutupan itu,” tandas Bupati Joko Sutopo, Selasa (18/5/2021).

Menurut dia perpanjangan penutupan dilakukan setelah pihaknya menggelar evaluasi masa penutupan obyek wisata pada tahap sebelumnya. Awalnya saat libur Lebaran 2021 semua tempat wisata di Wonogiri ditutup, hingga berakhir tanggal 16 Mei.

“Untuk perkembangan COVID-19 sendiri terbilang melandai di Wonogiri. Tapi kami memutuskan untuk tetap memperpanjang penutupan itu agar menghindari terjadinya kerumunan. Nanti setelah masa penutupan berkahir tetap akan dilakukan evaluasi lagi,” beber Bupati.

Disinggung soal salah satu pertimbangan penutupan adalah antisipasi terjadinya peristiwa tenggelamnya perahu seperti di Waduk Kedung Ombo wilayah Boyolali, pria yang akrab disapa Jekek ini menegaskan lebih pada upaya pencegahan penularan COVID-19.

Untuk diketahui ada sejumlah 46 obwis yang ditutup. Jumlah itu merupakan akumulasi destinasi wisata yang dikelola Pemkab maupun pihak lain seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Khusus obwis yang dikelola Pemkab ada enam, meliputi Waduk Gajah Mungkur (WGM), Pantai Sembukan Kecamatan Paranggupito, Bumi Kahyangan Dlepih Tirtomoyo, Air Terjun Setren Girimanik Slogohimo, Gua Putri Kencono Pracimantoro, dan Museum Karst Pracimantoro.

Pihaknya bersama Satgas kabupaten hingga kecamatan dan desa bakal terus mengawasi obwis yang ditutup. Ini untuk mengantisipasi pengelola yang nakal yang masih membuka lokasi wisata maupun pengunjung yang nekat datang. Aris