JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Jabat sebagai Kabid Humas Polda Jateng, Kapolres Sukoharjo Pindah ke Polda Metro

Kombes Iqbal Alqudusy. foto: dok
PPDB
PPDB
PPDB

 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi besar-besaran di jajaran tubuh Polri. Tercatat ada 348 perwira tinggi (Pati) dan perwira pamen (Pamen) yang dimutasi dan promosi bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, Selasa (1/6/2021).

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (STR) nomor ST/1129/VI/KEP./2021 tanggal (1/6/2021). Surat itu ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan atas nama Kapolri.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono membenarkan adanya mutasi tersebut. Ia menyampaikan mutasi ini hanya penyegaran struktur organisasi di institusi Polri biasa. “Iya, mutasi biasa,” kata Argo Yuwono kepada wartawan, Selasa (1/6/2021).

Dalam surat telegram itu, personel yang dapat mutasi dimulai dari perwira tinggi berpangkat Irjen hingga perwira menengah berpangkat AKBP.

Adapun rotasi jabatan tersebut dimulai dari person di tingkat Polres, Polda hingga Mabes Polri.  Nantinya, mereka masing-masing akan mendapatkan tugas dan jabatan baru.

Dari ratusan nama itu, salah satunya adalah Kombes Iqbal Alqudusy yang menjabat sebagai Kabid Humas Polda Jateng menggantikan Kombes Iskandar Fitriana Sutisna.

Iqbal sebelumnya sebagai Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, dan juga menjabat sebagai Kabag Produk Kreatif Biro Multimedia Div Humas Polri.

Mutasi lainnya adalah Koorsahli Kapolri Irjen Martuani Sormin yang dimutasikan ke Pati Sahli Kapolri. Mutasi tersebut dalam rangka masa pensiun. Nantinya, jabatan Koorsahli akan diisi oleh Martuani akan digantikan oleh Irjen Teguh Sarwono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bengkulu.

Berikutnya, Kapolda Bengkulu yang ditinggal oleh Irjen Teguh akan diisi oleh Brigjen Guntur Setyanto yang sebelumnya menjabat Kapuslitbang Polri.

Sedangkan personel yang dimutasi di pangkat Kombes, satu di antaranya adalah Kombes Pol Arif Budiman, mantan Kapolres Sragen yang sebelumnya menjabat Dosen Utama STIK Lemdiklat Polri akan menjabat sebagai Kapolresta Cirebon.

Nama AKBP Arif Budiman mencuri perhatian karena sepak terjangnya yang pernah mencatatkan prestasi mengesankan. Saat menjabat sebagai Kasubdit 3 Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Kepulauan Riau (Kepri) 2017 ia pernah meraih penghargaan sebagai penyidik pengungkap kasus Tipikor terbaik dari Kapolri.

Penghargaan itu pula yang mengantar AKBP Arif kemudian mendapat promosi menjabat Kapolres Sragen 2017-2018 untuk kali pertama sebagai Kapolres. “Mohon doa pengestunya, semoga berkah, barokah manfaat. Senantia menjadi ladang amal ibadah dalam menjalankan amanah,” ujar Arif saat dikonfirmasi, Senin (1/6/2021).

Mutasi juga juga dialami oleh Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yoga Pamungkas, yang akan menduduki jabatan barunya di Polda Metro Jaya menjadi Kabag Ada Rolog. (ASA)