JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Lawan Covid-19, Forkompimca Gondangrejo, Karanganyar Gendong Tangki Semprotkan Desinfektan di 13 Desa



Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Tingginya laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karanganyar, Jateng selama 25 hari ini, mendorong Forkompimca Gondangrejo turun tangan langsung.

Para anggota Forkompimca  itu rela menggendong tangki  berkeliling  ke 13 desa  untuk menyemprotkan desinfektan pada Jumat (18/6/2021).

Tunggu! Itu bukan  hanya simbolis atau basa-basi.  Namun anggota Forkompimca mulai dari Camat, Kapolsek dan Danramil berseragam dinas langsung turun gunung sehari penuh melakukan penyemprotan bersama warga dan tokoh masyarakat.

Camat Gondangrejo, Karanganyar, Rusmanto mengatakan,  melonjaknya kasus Covid-19 di Kabupaten Karanganyar membuat Forkompimca siaga.

Apalagi di Colomadu yang merupakan kecamatan berbatasan langsung dengan Gondangrejo terjadi klaster desa di Desa Paulan.

“Prinsipnya Forkompimca Gondangrejo adalah sedia payung sebelum hujan karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati sehingga setiap seminggu sekali akan dilakukan penyemprotan massal di seluruh Kecamatan Gondangrejo,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM di sela apel siaga penyemprotan di Balaidesa Bulurejo, Gondangrejo, Jumat (18/6/2021).

Menurut Camat Rusmanto, secara grafik Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Kecamatan Gondangrejo tergolong aman dan tidak ada klaster Covid-19. Kondisi itu tercipta berkat kedisiplinan warga menjalankan protokol kesehatan meskipun termasuk pedesaan.

Baca Juga :  Tergiur Tawaran Kerja di FB, Gadis Asal Sumberlawang Sragen Malah Diperdaya di Karanganyar

“Justru warga pedesaan seperti di Gondangrejo itu kesadaran prokesnya tinggi yang mana hampir semua orang yang disusun, di kota kecamatan dan dijalan raya dipastikan 99% memakai masker,” ujarnya. 

Selain itu lanjut Rusmanto, kondisi hajatan warga relatif tertib menjaga prokes dan sesuai prosedur sehingga potensi kemungkinan terjadi penyebaran covid secara massal sangat kecil.

Meski begitu Rusmanto mengingatkan upaya dini pencegahan sudah menjadi program rutin yakni penyemprotan disinfektan. Dengan begitu warga merasa nyaman.

Sementara itu Kapolsek Gondangrejo, Karanganyar, Iptu S. Widiatmoko mengatakan pihaknya menerjunkan sebanyak 10 personil anggota polisi untuk membantu penyemprotan tersebut. Namun demikian dirinya juga terjun langsung kelapangan dan menggendong tangki penyemprotan.

” Spirit perlawanan terhadap Covid-19 di Gondangrejo boleh diacungi jempol sehingga Camat, Kapolsek serta Danramil turun gunung terjun langsung gendong tangki melakukan penyemprotan gotong-royong bersama warga masyarakat,” tandas Kapolsek Gondangrejo Iptu S.Widiatmoko kepada JOGLOSEMARNEWS COM, Jumat (18/6/2021) di sela penyemprotan.

Kapolsek menjelaskan, fungsi dan  kinerja Satgas Covid kecamatan serta Satgas Covid desa masih berjalan efektif sehingga pendataan dini selalu akurat jika diketahui ada warga atau pendatang yang terpapar Covid.Tak pelak berkat kerjasama sinergi yang baik itu pemetaan Covid-19 di Gondangrejo terukur dan termonitor.

Baca Juga :  Perjalanan Kasus Nama Istri Bupati Karanganyar Mejeng di Amplop Bansos Masuk DPRD. Yang Dibidik Amplop, Yang Dibahas Malah Pesangon Buruh

“Jika melihat geografis Kecamatan Gondangrejo tergolong rawan karena merupakan jalur ramai namun karena siprit mencegah sejak dini dan fungsi satgas covidnya berjalan efektif maka semua terkendali,” lanjutnya.

Sebagai informasi, laju Covid-19 di Karanganyar per pekan kedua Juni 2021 menembus angka 800 kasus sehingga tergolong tinggi maka semua pihak diharapkan berhati-hati serta taat prokes.  Beni Indra