JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sebagian Besar Tempat Tidur Telah Terisi, RSUD SMS Wonogiri Siapkan Lokasi Darurat Isolasi Pasien COVID-19

Gedung baru IGD RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pihak RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri saat ini menambah tempat isolasi darurat pasien COVID-19. Ini ditempuh mengingat sebagian besar tempat tidur telah terisi.

Informasi yang diperoleh dari Plt Direktur RSUD SMS Wonogiri, Setyorini, ketersediaan tempat tidur bagi pasien COVID-19 saat ini jumlahnya tinggal sedikit. Tercatat dari 90 tempat tidur isolasi covid-19, hingga Minggu (20/6/2021) siang 82 di antaranya sudah terisi.

Lantaran itu pihaknya segera menambah bangsal lagi untuk pasien COVID-19. Bangsal itu nantinya memenuhi persyaratan tertentu seperti kamar mandi hingga ruang ganti. Langkah ini untuk mengantisipasi apapun nanti yang bisa terjadi.

Baca Juga :  Terapkan Filosofi Pager Mangkok Pemkab Wonogiri Bentuk Teamwork Sosial, Diketuai RT Berikan Dukungan Kepada Warga yang Menjalani Isolasi Mandiri atau Isoman

“Skenarionya sudah kami siapkan juga. Harapannya bangsal tambahan kini kita sedang dipersiapkan bisa digunakan secepat mungkin,” tandas jelas dia.

Sementara untuk mengantisipasi terjadi lonjakan pasien di triase IGD COVID-19, pihaknya kini mempersiapkan lokasi darurat. Sewaktu-waktu lokasi itu bisa difungsikan sebagai ruang triase COVID-19.

Dia menerangkan dalam penanganan pasien COVID-19, rumah sakit menerapkan sistem kohorting. Yakni mengelompokkan pasien dengan karakteristik tertentu. Dia mencontohkan, pasien yang sudah lama dirawat tidak dicampurkan dengan pasien yang baru datang. Sebab, apabila dicampurkan, dikhawatirkan pasien lama yang sudah mau sembuh malah berpotensi tertular lagi dari pasien baru.

Selain itu, untuk pasien laki-laki juga tidak jadikan satu dengan pasien perempuan. Aris