JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gratis, 5000 Bibit Sayur Dibagikan Sebagai Upaya Meningkatkan Imun Selama Pandemi. Dilakukan Mas Tarmin di Kebun Bibit Griya Amanah di Kuryo Jatipurno Wonogiri

Warga antusias mengambil bibit sayur gratis yang dibagikan Tarmin di kebun miliknya di Kuryo, Jatipurno, Wonogiri. Foto : istimewa


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Imun tubuh menjadi hal yang vital selama pageblug pandemi COVID-19. Beragam upaya dilakukan untuk memperkuat atau meningkatkan imun agar tubuh menang melawan virus Corona.

Nah, satu di antara sejumlah cara tersebut terbilang unik dan inspiratif. Yakni dengan membagikan ribuan bibit sayur secara gratis kepada warga. Nantinya bibit ditanam di lahan warga sendiri. Harapannya melalui kegiatan berkebun itu muncul kebahagiaan hingga imun tubuh terpicu kian meningkat.

Sosok inspiratif ini adalah Mas Tarmin. Dia menceritakan awal memiliki ide membagikan bibit sayur secara gratis. Bermula dari perpanjangan PPKM Darurat yang berdampak sejumlah aktivitas warga telah dibatasi, terlebih pada aktivitas ekonomi. Tentu hal ini memberikan dampak yang cukup besar terhadap sejumlah sektor perekonomian yang ada

Imbasnya, banyak ditemukan kasus anggota keluarga stres karena berada di rumah terus tidak bisa beraktifitas sebagaimana kondisi normal. Berbagai masalah yang timbul bisa membuat keluarga lebih sulit menciptakan kebahagiaan. Muaranya akan berdampak melemahnya imun tubuh yang berakibat semakin mudahnya terpapar berbagai penyakit termasuk virus Corona.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan imun adalah dengan berkebun. Ternyata terdapat beberapa manfaat berkebun bagi kesehatan yang tidak kalah menarik. Berkebun dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh dan mental yang lebih baik. Mulai dari meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, hingga dapat meredakan stres dan meningkatkan pikiran positif,” jelas Mas Tarmin, Jumat (23/7/2021.

Baca Juga :  Pengumuman, Dilarang Makan di Tempat Jika Jajan di Restoran atau Kafe Dalam Mall, Tapi Diperbolehkan Dine In Kalau Jajannya di Warung PKL Pinggir Jalan

Hal itulah yang melatarbelakangi dia yang merupakan petani di Jatipurno membagikan 5000 bibit lombok dan terong secara gratis kepada masyarakat.

“Melakukan aktivitas berkebun juga turut berkontribusi untuk menjaga kesehatan lingkungan dan mengurangi risiko perubahan iklim,” tutur dia.

Sebanyak 5000 bibit yang terdiri dari lombok 4400 bibit dan terong 600 bibit dibagikan Tarmin di kebunnya. Yakni Kebun Bibit Griya Amanah, miliknya yang beralamat di Kuryo RT 3, RW 1, Kelurahan/Kecamatan Jatipurno, Wonogiri.

Berdasarkan data, warga yang sudah mengambil bibit berasal dari Kecamatan Warga Jatipurno, Jatisrono, Jatiroto, Slogohimo. Target penerima bibit 200 orang dengan asumsi perorang 25 bibit.

Pembagian dilakukan selama dua hari, hari Kamis-Jumat (22-23/7/2021), dengan tujuan untuk menghindari kerumunan. Proses pengambilan dengan alamat yang berdekatan bisa diwakilkan satu orang saja.

“Penyebaran informasi bibit gratis melalui media sosial dan WA Group. Kegiatan berbagi bibit gratis ini selain dari dana pribadi, saya mengajak rekan-rekan dermawan untuk patungan agar kegiatan ini bisa terealisasi. Ini merupakan bentuk Mengasah kepedulian untuk Diri Sendiri dan kepedulian kepada sesama, apalagi pada saat pandemi Covid-19 sekarang ini,” jelas Tarmin.

Baca Juga :  Hajatan Pernikahan Warga Banaran Sragen Didatangi Polisi dan Tim Satgas. Ini yang Kemudian Terjadi..

Salah satu penerima bibit Yeni Oktavia Nurjanah, warga Jati RT 02 RW 02 Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri mengungkapkan sangat senang adanya bibit gratis ini.
Suaminya yang seorang tunanetra memiliki hobi bercocok tanam, hasil bercocok tanam digunakan untuk menyambung hidup.

Sementara penerima bibit lainya Sri Lestari, yang beralamat di Pule RT 3 RW 3 Jatipurno, mengatakan dengan menanam lombok sendiri setidaknya bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga untuk dimasak. Atau dibagikan kepada yang membutuhkan.
Syukur-syukur jika hasilnya melimpah bisa dijual sehingga bisa mendapatkan tambahan income. Aris