JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Gembira! Obat Covid-19 Gratis Bagi Pasien Isoman di Jawa-Bali Sudah Siap. Begini Alur Pendistribusiannya

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dijadikan koordinator pendistribusian gratis paket obat Covid-19 / Foto: Instagram @hadi.tjahjanto

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah membawa kabar gembira bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (Isoman). Paket obat Covid-19 gratis telah dipersiapkan.

Paket tersebut berjumlah 300.000, terdiri dari vitamin dan obat-obatan bagi masyarakat yang sedang isoman di Jawa dan Bali.

Untuk mendukung proses distribusi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai koordinator.

Akan ada tiga paket obat yang dibagikan. Paket 1 khusus pasien Covid-19 tanpa gejala, Paket 2 diperuntukkan pasien bergejala ringan, sedangkan Paket 3 untuk pasien bergejala sedang. Ketiga paket tersebut dengan jangka penggunaan paket tujuh hari.

Namun perlu dicatat, bahwa Paket 2 dan 3 harus disertai konsultasi dan resep dari dokter.

Pihak TNI berkoordinasi dengan petugas puskesmas, pemerintah daerah, dinas kesehatan, dan jajaran kepolisian.

Hal itu dilakukan agar pendistribusian berjalan secara terstruktur. Paket obat akan diberikan kepada masyarakat yang telah memenuhi persyaratan sesuai syarat dari puskesmas.

Baca Juga :  Makin Waspada!. Tercatat Sudah 38 Wartawan di Jatim Meninggal Dunia karena Covid-19. Berikut Daftarnya!

“Tentunya akan diawasi oleh kesehatan Kodam, kemudian Kodim, dan Koramil, dan para Babinsa ini juga akan didampingi oleh petugas dari puskesmas maupun bidan desa yang memiliki daftar siapa yang sedang melaksanakan isolasi mandiri tersebut,” jelas Hadi seperti dilansir dari Tempo.co, Kamis (15/7/2021)

Puskesmas juga memegang peran yang penting dalam pendistribusian paket obat ini. Pihak puskesmas akan menetapkan persyaratan dan mendata pasien yang terpapar Covid-19.

Di antara syaratnya yaitu hasil tes swab yang menunjukkan positif terkonfirmasi Covid-19 serta ditetapkan sebagai pasien isoman. Pembagian paket obat kepada masyarakat disesuaikan dengan data yang ada di puskesmas.

Setelah dilakukan pendataan, stok paket obat akan disimpan di Kodim. Langkah tersebut diambil agar pengawasan dapat berjalan maksimal.

Hadi juga memberitahukan kepada masyarakat agar berkoordinasi dengan bidan desa.

“Saya imbau kepada masyarakat yang ada di desa, RT, RW, apabila memang ingin mendapatkan obat tersebut silakan langsung menyampaikan kepada bidan desa,” sambung Panglima TNI tersebut.

Baca Juga :  Kebakaran Landa Kantor BPOM, Belasan Mobil Pemadam Dikerahkan

Paket obat Covid-19 secara gratis ini diharapkan mampu mempermudah penyediaan kebutuhan primer bagi pasien yang menjalani isolasi secara mandiri. Linda Andini Trisnawati