JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ternyata untuk Menentukan Level Daerah Dalam PPKM Pakai Google Maps Juga, Tak Hanya Tingkat Kematian atau Penambahan Kasus

Pemeriksaan pengguna jalan di pintu masuk Wonogiri, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro. Dok. Kodim 0728


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk menentukan level suatu daerah dalam PPKM Level 4 kali ini ada sejumlah kriteria. Tidak hanya seputar penambahan kasus maupun tingkat kematian.

Salah satu kriteria adalah mobilitas masyarakat. Ini bisa diketahui menggunakan teknologi semacam google maps.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan hal ini, Selasa (27/7/2021). Menurut dia saat ini Wonogiri masuk level 4 dimana sebelumnya berada di level 3.

Jika hanya mengacu pada penambahan kasus, mestinya Wonogiri masih di zona 3. Pasalnya penambahan kasus terbilang rendah alias laju penularan bisa dikendalikan.

Advertisement
Baca Juga :  2 Peserta Tes CPNS Wonogiri Positif COVID-19, Langkah ini yang Selanjutnya Ditempuh

Hanya saja ada fakta lainnya. Yakni tingkat kematian dan faktor lainnya.

Masuknya Wonogiri ke level 4 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Di Jawa Tengah, ada 26 kabupaten/kota yang masuk kriteria level 4, Wonogiri salah satunya.

Bupati mengatakan ada beberapa indikator yang membuat Kota Sukses kini masuk dalam kriteria level 4. Beberapa di antaranya adalah karena angka kematian pasien Covid-19 di Wonogiri cukup tinggi. Selain itu, berdasarkan teknologi Google maps, aktivitas kendaraan yang lalu lalang masih tinggi.

Baca Juga :  Baru Tahu, Ternyata Razia Masker Terus Digelar Walau Kasus dan Level PPKM Sudah Turun loh

Meski begitu, kata dia, angka pasien terkonfirmasi positif di Wonogiri cenderung rendah. Bahkan, bed occupency rate (BOR) atau keterisian bed isolasi disebut menurun.

“Tapi kematiannya ini yang tinggi. Kalau mobilitas dianggap tinggi ini karena kita sentral (warga yang pulang). Bus dan lainnya sentralnya ‘kan di Wonogiri,” ungkap dia.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua