JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Website Sekretariat Kabinet Diretas, Pesan Peretas: Indonesia Sedang Tidak Baik-Baik Saja

ilustrasi serangan siber
Ilustrasi peretasan. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Website Sekretariat Kabinet dengan alamat setkab.go.id kena retas, Sabtu (31/7/2021) pagi. Peretas mengganti tampilan halaman dengan foto pelajar SMA yang sedang memegang bendera Merah Putih di tengah lontaran gas air matasaat unjuk rasa di Gedung DPR 29 September 2019 silam.

Foto yang ditampilkan peretas tersebut sempat viral di media sosial.

Tidak ada opsi untuk memilih laman lain dalam tampilan web Setkab yang diretas. Di bawah foto, tertulis bahwa ia diretas oleh Zyy Ft Lutfifake.

Baca Juga :  Satgas Mafia Tanah Ungkap 2 Kasus di Jatim, Potensi Kerugian Negara Capai Rp 17,769 M
Screen shoot website seskab.go.id/ Tempo.co

Dalam halaman depan situs setkab.go.id peretas menulis narasi bahwa kekacauan tengah terjadi dan Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Ia merujuk pada kebijakan pemerintah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dan mengharuskan warga tinggal di rumah. Ia menyebut masyarakat stres dan depresi akibat hal ini.

“Penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir setiap hari. Di mana keadilan di negara ini?” tulis peretas itu.

Baca Juga :  Pertanyaan  soal Cawe-cawe Jokowi di Pilpres 2024 dalam Sidang Komite HAM PBB Tak Dijawab Utusan dari Indonesia

Peretas juga menyebut Sila Pertama Ketuhanan yang Maha Esa, namun sila 2 hingga 5 tak ada perubahan.

Berikut pernyataan lengkap peretas dalam situs Sekretariat Kabinet di setkab.go.id

“Kekacauan Dimana-mana, Indonesia Sedang Tidak Baik-Baik Saja. Rakyat Harus Dirumah Tanpa Ada Dispensasi Dan Kompensasi Apapun Yang Membuat Rakyat Indonesia Merasa Stress Dan Depresi. Penguasa menikmati Dunia nya sendiri Dengan Gaji Yang Mengalir Tiap Hari. Dimana Keadilan Di Negara Ini. Pancasila.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com