JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Diterjang Fenomena Upwelling, Petani Karamba WKO Sragen Kembali Menangis. Puluhan Ton Ikan Mati Mendadak Kerugian Ratusan Juta

Tumpukan bangkai ikan mati mendadak di karamba WKO wilayah Ngargosari, Sumberlawang, Sragen akibat diterjang fenomena upwelling, Sabtu (28/8/2021) siang. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Petani ikan karamba di Waduk Kedung Ombo (WKO) kembali menangis. Ini menyusul fenomena upwelling yang membuat ikan-ikan di karamba mati mendadak dinihari tadi.

Ribuan ekor atau puluhan ton ikan berbagai jenis yang dibudidayakan petani di wilayah itu mendadak mengambang tak bernyawa.

Akibat kejadian itu, puluhan petani karamba di wilayah WKO utamanya Ngasinan, Boyolayar, Desa Ngargosari, Sumberlawang dihantui kerugian hingga ratusan juta.

Baca Juga :  Parah, Warga Miskin Penerima Bantuan Beras 10 Kg Dari Pemerintah di Desa Pilangsari, Sragen Diminta Membayar Uang 5 Ribu Rupiah

Sukiyo (28) petani karamba asal Dukuh Nonggorejo RT 30, Desa Ngargosari, Kecamatan Sumberlawang, mengatakan wabah upwelling itu terjadi sejak kemarin.

Banyak ikan di karamba mendadak mati dengan gejala lemas dan kemudian mengambang di permukaan.

“Iya benar. Sudah muncul upwelling atau air keruh. Airnya sangat bau dari dasar waduk naik ke atas itu terjadi tadi malam sekitar pukul 02:00 WIB. Banyak ikan petani karamba disekitar sini yang mati,” paparnya Minggu (29/8/2021).

Baca Juga :  Belasan Warga Desa Sidoharjo Sragen Kena Prank Investasi Bodong dengan Kerugian Diperkirakan Mencapai Milyaran Rupiah, Ini Modus Terduga Pelaku !

Upwelling adalah sebuah fenomena di mana air laut yang lebih dingin dan bermassa jenis lebih besar bergerak dari dasar air ke permukaan akibat pergerakan angin di atasnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com