JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

#FrozanHoneyChallenge, Tantangan Menikmati Madu Beku di TikTok sebagai Es Loli, Pakar Ingatkan Risikonya

Ilustrasi madu hitam. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Tren makanan dan cara mengolahnya selalu berubah dari waktu ke waktu. yang paling anyar di TikTok adalah #frozenhoney.

Frozen honey merupakan tantangan untuk membekukan sebotol penuh madu kemudian memakannya sebagai es loli.

Melansir Independent.com, banyak orang membuat versi mereka sendiri, beberapa bahkan menambahkan sirup jagung untuk membuat nektar lebih kental.

Namun, efek mengonsumsi madu beku ini beragam, ada yang merasa sakit bahkan perutnya harus dipompa untuk mengeluarkan madu.

Baca Juga :  Harga Lombok Sedang Mahal, Beberapa Bahan Ini Bisa Dicoba untuk Pengganti Cabai

Meski tantangan ini telah menarik perhatian lebih dari 600 juta pengguna Internet dan sekitar 80 juta tagar #FrozanHoneyChallenge, mengonsumsi madu dalam jumlah banyak tidak disarankan, menurut para ahli.

Madu memang enak, mengonsumsinya dalam jumlah kecil untuk pemanis benar-benar hubungan yang sehat dengan makanan, tapi menggunakannya untuk mendapatkan banyak pengikut dan banyak perhatian dan memilikinya dalam jumlah berlebihan itu gila,” kata Kristin Kirkpatrick, seorang ahli diet terdaftar di Klinik Cleveland, dikutip dari NBC News, Selasa, 3 Agustus.

Baca Juga :  Harga Lombok Sedang Mahal, Beberapa Bahan Ini Bisa Dicoba untuk Pengganti Cabai

Para ahli memperingatkan efek samping mengonsumsi kebanyakan madu mulai dari diare, kram perut, kembung dan lainnya.

Sekitar 1 dari 3 orang memiliki intoleransi fruktosa makanan, juga disebut malabsorpsi fruktosa, yang berarti sel-sel di usus tidak menyerap fruktosa dengan cara yang seharusnya, menyebabkan gangguan pencernaan, kata Kirkpatrick.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua