JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

HUT Kemerdekaan RI ke-76, Empat Warga Binaan Rutan Solo Bebas

Logo HUT Ke-76 RI. (kepriprov.go.id)
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak empat warga binaan mendapat hadiah di Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 Selasa (17/8/2021). Mereka bebas karena mendapat Remisi Umum Kemerdekaan RI.

“Karena masa hukuman mereka juga pendek, kemudian terpotong remisi sehingga hari ini mereka bebas murni,” kata Kasi Pelayanan Rutan David Sapto Aji, Selasa (17/8/2021).

Dikatakan, empat orang tersebut merupakan Narapidana (Napi) kasus penganiayaan.

“Rencana besok baru akan kita kabari keluarga sehingga bisa menjemput yang bersangkutan di rutan. Kita harapkan mereka setelah bebas bisa diterima masyarakat, kemudian tidak mengulangi perbuatanya melawan hukum. Mereka juga sudah kita bekali dengan keterampilan, sehingga bida menjadi modal usaha atau bekerja diluar,” kata David.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Selain empat orang tersebut, kata David terdapat 150 Napi lain yang mendapat remisi umum berupa pemotongan masa tahanan mulai dari satu bulan hingga enam bulan. Jumlah tersebut sesuai dengan yang diajukan pihak Rutan Klas IA Solo.

“Jadi kami mengajukan adminiatrasi saja, untuk proses seleksi dilakukan oleh pusat karena sudah berbasis online. Untuk penyerahan SK remisi secara simbolis ada dua napi yang menjadi perwakilan ikut peringatan HUT RI di Balaikota. SK juga diserahkan langsung oleh Wali Kota Solo,” jelasnya.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

Menurutnya, dalam memeriahkan HUT RI, pihaknya juga menyelenggarakan lomba secara internal rutan. Perlombaan ini dilakukan antar napi maupun petugas Rutan.

“Ini dilakukan agar ada hiburan kepada warga binaan kita sehingga mereka tidak mudah bosan, dan mengarah pada tindakan yang negatif,” kata David.

Untuk layanan kunjungan, lanjutnya, sementara masih ditiadakan karena Pandemi Covid-19. Namun, bagi Wargabinaan yang rindu dengan keluarga mereka bisa menggunakam layanan videocall maupun wartel rutan.

“Namun titipan barang dari keluarga masih kita buka, namun sebelum masuk kita cek untuk memastikan tidak ada benda terlarang ikut masuk,” katanya. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com