JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Waspada! Pantai Selatan Bakal Dilanda Gelombang Tinggi Sampai Senin

Aktivitas di destinasi wisata Pantai Parangtritis, Yogyakarta, pada akhir November 2020 / tempo.co

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Gelombang tinggi diperkirakan bakal terjadi di pantai selatan, terbentang dari wilayah DIY, Jawa Barat dan  Jawa Tengah mulai Sabtu (14/8/2021) hingga Senin (16/8/2021).

Hal itu merupakan hasil prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta.

“Tinggi gelombang kategori sangat tinggi, yakni empat sampai enam meter dan berpeluang terjadi mulai hari ini sampai Senin, 16 Agustus 2021,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Sleman, Yogyakarta, Ikhsan, Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga :  Ngebet Mbangun Meski Belum Ada Izin Gubernur, Perumahan di Atas Tanah kas Desa di Sleman Ini Disegel Satpol PP DIY!

Kendati destinasi wisata di sepanjang pantai selatan Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat tutup karena kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, informasi tersebut tetap penting untuk nelayan dan masyarakat yang tinggal di tepi pantai.

Di Yogyakarta, Ikhsan menjelaskan, ada tiga kabupaten yang wajib mewaspadai geombang tinggi karena wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tiga wilayah itu adalah Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga :  Kena Percikan Api Las, Mobil Lurah Karangtengah di Gunungkidul Ludes Terbakar

BMKG meminta masyarakat yang tinggal maupun beraktivitas di kawasan pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada.

“Perhatikan keselamatan dan risiko pelayaran, baik perahu nelayan, kapal tongkang, maupun kapal feri,” kata Ikhsan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com