JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pemkot Solo Siapkan Anggaran Rp 1 Miliar Untuk Perbaikan Pasar Gede

Suasana Gerebeg Sudiro di depan Pasar Gede Surakarta / lisa ariyani
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkot Solo menyiapkan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk memperbaiki kerusakan Pasar Gede. Seperti diketahui, pasar yang masuk kategori cagar budaya tersebut mengalami kerusakan di sejumlah titik.

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Heru Sunardi mengatakan, saat ini proses lelang telah selesai dilakukan Juli lalu dan pembangunan akan dimulai akhir Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga :  Meymey Goes To Kampoeng Gelar Seminar "Kiat Wanita Sukses: Ikhtiar Menjemput Rejeki, Memantaskan Usaha"

“Perbaikan yang dilakukan meliputi sirap, sebagian talang, pengecatan, atap sebelah barat, dan drainase. Nilai perbaikan sekitar Rp 1,030 miliar,” paparnya, Jumat (3/9/2021).

Heru menambahkan, perbaikan perlu segera dilakukan karena banyak atap pasar yang bocor dan drainase tidak lancar. Mengingat Pasar Gede merupakan bangunan cagar budaya maka dalam perbaikannya tidak mengubah aslinya.

“Jadi hanya melakukan perbaikan, tidak boleh menurunkan kelas bangunan, mengubah bangunan, dan merusak bangunan. Nanti dalam prosesnya juga akan didampingi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah,” imbuhnya.

Baca Juga :  Gerak Cepat, Gibran Akan Temui Tokoh-tokoh Usai Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan perbaikan juga akan dilakukan untuk fasad bangunan pasar.

“Lantai dua juga nanti, karena ada kebocoran. Kami perbaiki semua kerusakan yang ada,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com