JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kasus Wanita Produksi dan Jual KTP Palsu, Ternyata Ikuti Jejak Mantan Suami Lho

Penyidik Satreskrim Polresta Solo menunjukkan barang bukti berupa blangko KK dan KTP kosong. Foto: Seger
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Terbongkarnya kasus produksi dan penjualan KTP serta Kartu Keluarga (KK) palsu memunculkan berbagai fakta.

Seperti diketahui, Satreskrim Polresta Solo mengamankan dua perempuan, masing-masing F yang merupakan pemesan dan seorang biro pembuat KTP palsu asal Jawa Barat berinisial W.

Kasatreskrim Polresta Solo, AKP Djohan Andika memaparkan, pelaku W sudah sejak lama bergelut di dunia produksi KTP dan KK palsu.

“Jadi dia awalnya bareng suami memproduksi itu. Setelah selesai, pelaku W ini meneruskan untuk memenuhi kebutuhan hidup,” kata Djohan kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (22/10/2021).

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Disinggung mengenai adanya sindikat atau jaringan dari pelaku, Djohan mengaku masih mendalami berbagai keterangan.

“Belum mengarah ke sana. Namun yang pasti pelaku W ini belajar membuat KTP dan KK palsu dari mantan suaminya,” tegas dia.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, kata Djohan, pelaku membuka jasa pembuatan kartu identitas melalu internet. Sehingga, penggunanya juga berasal dari wilayah lain.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

“Termasuk pelaku F yang kami amankan ini. Dia berasal dari Solo. Dia menggunakan jasa W untuk membuat kartu identitas dan digunakan untuk mengajukan pinjaman di salah satu bank di Kota Solo,” paparnya.

Mantan Kasatreskrim Polres Jepara itu menambahkan, dari pengakuan W, dia telah dua tahun terakhir melakoni jasa pembuatan kartu identitas palsu.

“Saat ini, masih kami dalami. Sudah ada berapa orang yang dibuatkan kartu identitas palsu tersebut,” pungkasnya. Prabowo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com