JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Perlu Dipahami, Begini Cara Memilih Masker yang Baik!

Ilustrasi seorang wanita memakai masker. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Semenjak pandemi covid-19, penggunaan masker menjadi kebutuhan khusus bagi seluruhnya. Hal tersebut sebagai upaya untik menjaga protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Selain itu, langkah penjegahan lainnya dilakukan dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama.

Ada beberapa jenis masker yang digunakan yaitu masker medis, masker KN95 dan lain sebagainya. Masker medis digunakan untuk keperluan pegawai medis. Yang kedua adalah masker non medis seperti masker kain. Orang yang sehat cukup menggunakan masker kain seperti ini.

Baca Juga :  Tentang Varian Omicron dan Beberapa Gejalanya, di Antaranya Kelelahan Ekstrem

Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki tiga lapisan kain. Lapisan dalam berupa bahan penyerap seperti kain katun. Lapisan tengah berupa bahan tanpa tenun. Lapisan luar berupa bahan yang tidak dapat menyerap air seperi pollester.

Baca Juga :  Penelitian Inggris: 3 Jenis Booster Vaksin Ini Diprediksi Bisa Minimalisir Varian Baru Covid-19

Dilansir melalui liputan6.com yang disampaikan oleh Dr. Reisa Broto Asmoro, Kamis (21/10/1999), begini cara menggunakan masker yang tepat:

1. Sebelum memakai masker pastikan cuci tangan menggunakan sabun kurang lebih 20 detik. Namun, jika tidak tersedia gunakan cairan pembersih lainnya yang beralkohol.

2. Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung serta pastikan semuanya tertutup.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua