JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Unboxing Me Siapa Bilang Jadi Anak Bupati Selalu Enak? Ceritaku Sebelum 12, Buku Berjudul Tersebut Ternyata Ditulis Anak Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang Masih 11 Tahun

Peluncuran buku
Peluncuran buku karya Anugrah Baskoro Sutopo. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Usianya baru 11 tahun, namun sudah mampu menelorkan satu buku setebal 143 halaman. Dialah Anugrah Baskoro Sutopo, putra semata wayang Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Buku yang ditulisnya berjudul Unboxing Me Siapa Bilang Jadi Anak Bupati Selalu Enak? Ceritaku Sebelum 12. Sesuai judulnya, buku ini bercerita tentang kehidupan anak bupati dengan segala suka dukanya. Buku ditulis sebelum si anak berusia 12 tahun.

Buku yang terdiri dari 14 bab itu diluncurkan di Ballrom Hotel Best Western Premier Solo Baru Sukoharjo, Sabtu (9/10/2021). Saat meluncurkan buku perdananya Anugrah didampingi ayahnya Joko Sutopo dan ibundanya Verawati.

Baca Juga :  Catat, ini Lokasi Tes Perangkat Desa di Kecamatan Batuwarno Wonogiri

Anak yang akrab disapa Nugrah itu mengungkapkan tidak ada paksaan saat menulis buku pertamanya. Semua mengalir begitu saja sesuai dengan kenyataan.

“Saya menceritakan kisah-kisah sebagai anak bupati. Mungkin bagi sebagian orang bakal merasa menjadi anak bupati selalu hidup enak. Tapi saya menuliskan yang saya alami suka dan dukanya,” ujar Nugrah.

Suka dukanya sebagai anak bupati bisa dilihat dari buku itu. Dia mengakui, tak bisa dipungkiri menjadi anak bupati bisa mendapatkan banyak fasilitas. Nyaris semua keinginannya bisa dipenuhi apalagi saat berada di Wonogiri. Bahkan dia mengakui senang bisa bermain dengan ajudan ayahnya.

Baca Juga :  METI Award 2021, UPC Renewables Raih The Best Large Company for Aggressive Renewable Energy Development

Tapi Nugrah juga merasakan duka saat menjadi anak bupati. Misalnya kurang memiliki waktu bersama ayahnya Joko Sutopo. Sehari-hari dia tinggal di Jogjakarta bersama sang bunda dan menempuh pendidikan dasar di Olifant Elementary School Jogjakarta, saat ini Nugrah duduk di bangku kelas VI.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua