JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Ternyata Tahan Gempa Besar Sekelas Megathrust, Usianya Diperkirakan 50 Tahun Lebih

Progres pembangunan Waduk Pidekso Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri didesain tahan gempa. Tidak hanya gempa skala kecil, waduk ini bahkan bisa tahan dari gempa besar sekelas megathrust.

Di samping itu usia Waduk Pidekso diperkirakan mencapai 50 tahun. Namun bisa saja lebih tergantung pola pemeliharaan di area hulu.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Waduk Pidekso Dony F.S. mengatakan pembangunan Waduk Pidekso sudah melewati sertifikasi desain. Pengisian air waduk dan saat waduk akan beroperasi juga melewati sertifikasi operasi waduk.

Baca Juga :  Update Korban Tewas Pinjol yang Gantung Diri di Giriwoyo Wonogiri, Para Tersangkanya Sudah Dibekuk

Menurut dia, bendungan biasanya memiliki umur 50 tahun. Umur bendungan tergantung dari banyak atau sedikitnya sedimentasi di waduk.

Advertisement

“Saat lingkungan bisa dijaga, sedimentasi waduk dijaga umur waduk bisa bertambah panjang. Umurnya minimal 50 tahun,” kata Dony di sela pengisian tampungan air Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, Kamis (14/10/2021).

Selain itu, dia menjelaskan waduk itu tahan bencana termasuk gempa megathrust. Peta gempa dari pemerintah pusat juga sudah dipelajari dan diikuti. Bendungan Pidekso juga berjenis bendungan batu yang lebih fleksibel sehingga kuat dalam menahan gempa. Berbeda dengan bendungan beton.

Baca Juga :  Wonogiri Gelar PTM Terbatas Mulai 18 Oktober 2021 Berlaku Dari SD Hingga SMA, Begini Mekanismenya

“Kalau bendungan beton dikaji lebih mendalam lagi karena lebih rigid. Kalau ini bendungannya fleksibel, tidak ada masalah dengan gempa,” tandas dia.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua