JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Benarkah Jalan Tol di Indonesia Tidak Aman? Simak Penjelasan Video Viral TikTok di Bawah Ini!

Ilustrasi jalan tol. Pixabay

JAKARTA-JOGLOSEMARNEWS.COM — Baru-baru ini sebuah video yang diunggah di akun TikTok kembali viral. Video Tiktok tersebut menyebut bahwa jalan Tol yang berada di Indonesia tidak aman.

Awal mula video tersebut viral karena diunggah oleh akun Tiktok bernama @anakteknikindo.

Video ini diunggah oleh akun @anakteknikindo setelah kejadian kecelakaan maut yang menewaskan pasangan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di Tol Nganjuk, Jawa Timur beberapa hari yang lalu.

Hingga berita ini ditulis pada hari Minggu, (7/11/2021), unggahan tersebut telah ditonton 19,3 juta pengguna TikTok, disukai oleh 2,3 juta, dan mendapatkan komentar warganet sebanyak 30,4 ribu komentar.

Baca Juga :  Pinjol Ilegal Bagian dari Sindikat. Modalnya Disuntik dari Hasil Kejahatan di  Luar Negeri

“Belajar dari kejadian kecelakaan Vanessa dan Bibi. Jalan tol di Indonesia tidak aman,” tulis akun TikTok @anakteknikindo.

Dalam video yang ia unggah, ada dua faktor yang menyebabkan jalan tol di Indonesia dikatakan tidak aman. Faktor pertama karena jalan tol di Indonesia menggunakan jalan beton. Ia mengungkapkan bahwa bahan dasar beton yang digunakan untuk membuat jalan dinilai justru membahayakan mobil. Pasalnya, mobil menjadi tidak memiliki daya cengkeram terhadap permukaan jalan sehingga rawan tergelincir.

“Faktor pertama adalah jalan tol di Indonesia menggunakan jalan beton, yang sebenarnya malah akan menjadi berbahaya karena tidak mempunyai daya cengkeram antara ban mobil dengan permukaan perkerasan jalan,” ujar akun @anakteknik indo.

Baca Juga :  Menko Airlangga:  Perguruan Tinggi Harus Mampu Seimbangkan Dinamika Perubahan di Sektor Industri

“Akibatnya mobil akan mudah tergelincir dan meluncur jauh sebelum berhenti. Itulah mengapa banyak kita jumpai kasus laka mobil menabrak truk atau mobil lain yang ada di depannya,” sambungnya.

Selanjutnya, faktor kedua disebabkan karena adanya pembatas dinding beton di tengah jalan. Lagi dan lagi masalah utamanya adalah menggunakan bahan beton.

“Faktor kedua, adanya pembatas dinding beton di tengah jalan yang tebal dan kokoh. Niatnya sih buat perlindungan, tapi nyatanya malah sering banget berakibat fatal,” ujarnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua