JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Mahasiswa UGM Bantu Kembangkan Potensi-potensi Wisata Tersembunyi di Gunungkidul

Goa Kalisuci, salah satu hasil pengembangan potensi wisata Desa Pacarejo, Gunungkidul, Yogyakarta, 20 November 2021 / tempo.co

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak sekali potensi wisata alam. Hanya sayangnya, potensi-potensi tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat setempat.

Padahal, jika objek-objek tersebut dikembangkan sebagai destinasi wisata, makan hal itu akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Dengan latar belakang seperti itulah, Mahasiswa Manajemen dan Kebijakan Publik (MKP) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung di dalam Tim Ngabdi Deso, mengembangkan potensi tempat wisata tersembunyi di daerah Gunungkidul, tepatnya di daerah Pacarejo, Semanu.

Baca Juga :  Natal dan Tahun Baru, Wisata di Gunungkidul Tetap Buka

Koordinator Pengembangan Wisata Ngabdi Deso, Fajri Herbayu mengatakan di Gunungkidul terdapat banyak potensi wisata alam yang indah, tetapi belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya berusaha memperkenalkan tempat-tempat wisata tersembunyi ini dan mempromosikannya melalui berbagai media sosial.

“Di Gunung Kidul itu banyak wisata alam yang indah, tetapi banyak masyarakat yang belum mengetahui. Oleh karena itu, saya bersama tim Ngabdi Deso serta warga Pacarejo berusaha memperkenalkan wisata-wisata yang tersembunyi ini,” kata Herbayu, Jumat (19/11/2021) di Yogyakarta.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Melanda, Kekerasan Terhadap Perempuan  dan Anak di Yogya Melonjak Drastis

Di Daerah Pacarejo, Herbayu mengatakan banyak wisata alam yang sayang untuk dilewatkan, seperti Goa Jomblang, Kalisuci, Telaga Jonge, dan Watu Giring.

“Di Pacarejo, kami mengajak warga untuk berkolaborasi dalam mengembangkan wisata alam, seperti Goa Jomblang, Kalisuci, Telaga Jonge, dan Watu Giring,” kata Herbayu.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua