JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menko Airlangga: Pemerintah Dorong Generasi Muda Tangkap Peluang Bonus Demografi untuk Maksimalkan Potensi

Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah mendorong generasi muda untuk menangkap peluang bonus demografi pada tahun 2030 mendatang, sebagai momentum untuk mengoptimalkan potensi diri guna membangun perekonomian bangsa.

Hal itu ditandaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara The Bridge Conference 2021 yang digelaar oleh The Meeting of Minds Forum bertema Indonesia Economic Rebound For A Stronger Future,  Sabtu (13/11/2021).

Menko Airlangga mengatakan, pada tahun 2030, Indonesia diproyeksikan akan memasuki bonus demografi, di mana angkatan kerja produktif akan mencapai 64% dari total penduduk.

Baca Juga :  Pondok Pesantren Didorong Mandiri dan Mampu Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Sekitar

“Karena itu, pemerintah berharap agar peluang ini dapat dimanfaatkan anak-anak muda untuk mengoptimalkan kreativitas, inovasi, inspirasi dan potensi diri,” ucap Menko Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Dalam konteks masa kini, jelas Menko Airlangga, Indonesia akan membutuhkan talenta digital sebanyak 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan.

Selain itu, pekerja dengan keterampilan digital berpotensi memberikan kontribusi senilai Rp 4,434  triliun untuk PDB Indonesia tahun 2030, atau sebesar 16% dari total PDB.

Baca Juga :  Miliki Resiliensi Tinggi, Pemerintah Dorong UMKM Berkontribusi Lebih Besar Bantu Perekonomian

Besarnya nilai-nilai tersebut, menurut Airlangga, harus dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat luas.

Industri berbasis teknologi dan digitalisasi diperkirakan akan menjadi engine of growth baru yang membutuhkan SDM yang bertalenta dan technopreneur yang berdaya saing.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua