JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Banjir Tirtomoyo dan Betal Wonogiri, Genangan Cepat Datang Namun Cepat Pula Surutnya

Banjir
Genangan banjir di Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Bencana hidrometeorologi berupa banjir dan longsor terjadi di wilayah Kabupaten Wonogiri, Selasa (7/12/2021) petang.

Bencana tersebut dipicu hujan deras dengan durasi lama. Banjir terjadi di Kecamatan Tirtomoyo dan Betal atau Nguntoronadi. Sedangkan longsor diketahui melanda Kecamatan Tirtomoyo.

Hanya saja genangan banjir Tirtomoyo maupun banjir Betal sudah berangsur surut. Daerah yang terdampak pernah pula beberapa kali mengalami hal serupa tahun sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir sempat menggenangi sejumlah titik di Kecamatan Tirtomoyo. Mulai badan jalan, jembatan hingga pekarangan rumah warga.

Baca Juga :  Bukan Layangan Putus, Apel Besar Zero Knalpot Brong Polres Wonogiri Pertama di Jateng Bro

Hal itu juga dibenarkan oleh Camat Tirtomoyo Dwi Martanto Yuniarso. Menurit dia awalnya turun hujan deras dengan durasi lama sejak pukul 17.00 WIB.

“(Hujan turun) Hampir dua jam,” kata Dwi.

Camat menuturkan, pihaknya masih menghimpun data wilayah mana saja yang terdampak banjir itu. Pihaknya juga belum bisa memastikan ada tidaknya korban jiwa maupun kerugian akibat banjir disana. Selain itu, dia juga mendapatkan laporan adanya talud yang longsor.

Baca Juga :  20.000 Bibit Nila dan Patin Ditebar di Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri, Seperti ini Tujuannya

“Saat ini kita masih lakukan pendataan. Memang ada beberapa titik yang tergenang,” beber Dwi.

Banjir yang terjadi itu di antaranya akibat luapan sungai Dimoro. Menurut Dwi, dua tahun belakangan ini sungai yang mengalir dari arah utara itu kerap meluap. Sementara itu, genangan air juga terlaporkan di tepi Sungai Wiroko.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua