JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bawa Rp 300 Juta, Bupati Sragen dan Jajaran Pejabat Terjun Langsung ke Lumajang Bangkitkan Asa Korban Erupsi Semeru. Ada Donasi dari PSHT Juga

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi sang suami dan Wabup Suroto bersama pejabat teras saat menyambangi kerusakan korban erupsi Semeru, Selasa (21/12/2021). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah pejabat teras Kabupaten Sragen dipimpin Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati tergerak untuk terjun langsung menyambangi para korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (21/12/2021).

Didampingi sang suami, dr Akbar Zulkifli Osman, Wabup Suroto, Sekda Sragen Tatag Prabawanto dan jajaran asisten serta sejumlah Kepala Dinas, Bupati membawa bantuan uang tunai Rp 300 juta hasil donasi dari Kabupaten Sragen.

Donasi ratusan juta itu nantinya akan diserahkan kepada Pemkab Lumajang melalui bupati setempat untuk membantu para korban Erupsi Semeru.

Rombongan Bupati berangkat dari Rumdin Bupati tadi pagi. Membawa mobil dinas, rombongan akan menuju Lumajang dengan perjalanan darat melalui jalur tol trans Jawa.

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Bupati Yuni mengatakan bantuan uang tunai tersebut berasal dari hasil penggalangan PNS Sragen, Pemkab dan sumbangan sejumlah perusahaan.

Tak ketinggalan ada donasi dari elemen masyarakat termasuk dari perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT).

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

Total bantuan sebenarnya mencapai lebih dari Rp 500 juta. Namun untuk tahap pertama ini, baru akan disalurkan separuh dari dana itu sekitar Rp 300 juta.

“Hari ini kami berangkat akan memberikan bantuan uang tunai ke para korban melalui Pemkab. Nominalnya Rp 300 juta, kalau bantuan yang terkumpul sebenarnya sudah lebih dari Rp 500 juta, tapi kita salurkan separuhnya dulu,” paparnya.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati bersama jajaran pejabat Pemkab Sragen saat menyambangi kondisi kerusakan bencana erupsi Semeru di Lumajang Jatim. Foto/Wardoyo

Sisanya nanti akan diberikan di tahap kedua sembari menunggu donasi yang masih mengalir dari berbagai pihak.

Bangkitkan Asa Korban 

Keberangkatan ke Lumajang kali ini, dilakukan untuk mengetahui secara langsung kondisi korban sekaligus memberikan motivasi serta apa yang bisa dilakukan untuk membantu mereka.

Lebih dari itu, dengan langsung ke lokasi maka akan memastikan bantuan bisa tersalurkan sesuai kebutuhan para korban.

“Separuh dari donasi itu akan kami wujudkan berupa barang pada saat sudah ada relokasi. Barangkali ada material bisa saja semen, besi ataupun apapun seperti kami kemarin waktu bencana di Lombok, kita perbaiki saluran air untuk desa-desa dibawahnya. Apa yang bisa kita perbaiki dan dibutuhkan di sana nanti kita akan lakukan,” jelasnya.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Sebelum ke Lumajang ini, Pemkab yang dipimpin Bupati juga sempat menyambangi korban gempa di Lombok NTT beberapa tahun silam.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi suami dan Wabup Suroto saat menyerahkan bantuan uang tunai Rp 300 juta ke Bupati Lumajang, Selasa (21/12/2021). Foto/Wardoyo

Selain memberi motivasi para korban, Bupati bersama jajaran pejabat juga berkesempatan menyambangi kondisi kerusakan yang ada di sana.

Saat itu, dana donasi yang terkumpul dari Sragen digunakan untuk membangun sekolah yang kala itu hancur semua diterjang gempa.

Bupati memandang hal tersebut akan lebih bermanfaat dan bisa dirasakan oleh masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru beberapa pekan lalu.

“Insyaallah nanti bantuan akan langsung diterima Bupati Lumajang pukul 15.00 WIB. Setelah kami menempuh jalur darat lewat tol kurang lebih sembilan jam,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com