JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bikin Salut, Tak Ada Orang Tua yang Menolak Anaknya Divaksin COVID-19, Imbas Kesadaran Kolektif Terjaga

Vaksin anak
Pelaksanaan vaksinasi untuk anak umur 6-11 tahun di Wonogiri. Dok. Kodim 0728
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkab Wonogiri menyatakan program vaksinasi untuk anak umur 6-11 tahun berjalan lancar. Tidak ada penolakan dari orang tua atas pemberian vaksin COVID-19 tersebut.

Kesuksesan itu disebut-sebut merupakan imbas kesadaran kolektif masyarakat telah terjaga. Masyarakat sadar bahwa vaksin menjadi salah satu ikhtiar pengendalian pandemi.

“Sampai saat ini tidak ada laporan orang tua yang menolak anaknya divaksin. Semuanya mendukung bahkan sangat antusias,” ujar Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek, Jumat (31/12/2021).

Antusiasme itu terlihat ketika tim medis melakukan jemput bola vaksin untuk anak umur 6-11 tahun ke sekolah-sekolah. Dipastikan anak telah siap menunggu disuntik, sebagian didampingi orang tuanya.

“Menurut laporan yang kami terima tidak ada dampak setelah anak divaksin,” ujar Bupati.

Untuk diketahui Pemkab Wonogiri menggelar kick off vaksinasi untuk anak umur 6-11 tahun dimulai Jumat pekan lalu. Vaksin untuk anak umur 6-11 tahun itu mendapatkan dukungan positif dari orang tua murid.

Baca Juga :  Mudik Lebaran 2024, 196 Juta Perantau Bakal Pulkam

Selain itu, orang tua murid berharap dengan adanya vaksinasi bagi anaknya maka pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen bisa digelar di tahun depan.

Lantas bagaimana progres vaksin untuk anak umur 6-11 tahun di Wonogiri saat ini?

Pemkab Wonogiri saat ini mengebut vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi ditargetkan segera rampung dengan metode door to door ke sekolah.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan kick off vaksinasi anak sudah dilakukan mulai Jumat (24/12) lalu. Vaksinasi Covid-19 itu kebetulan berbarengan dengan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang sudah berjalan beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, berdasarkan rekomendasi medis, anak yang mendapatkan vaksin program BIAS baru bisa menerima vaksin Covid-19 satu bulan sesudahnya. Hanya sebagian anak saja yang menjalani vaksin program BIAS.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

“Di luar yang ikut program BIAS, tentunya akan kita lakukan percepatan. Vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun sudah jalan, nggak ada masalah,” kata Jekek.

Bupati menuturkan, vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun terus dipercepat. Pihaknya pun optimis vaksinasi itu bisa segera rampung. Sebab, berdasarkan pengalaman yang dilakukan pihaknya, pernah dilakukan vaksinasi dengan target sasaran 13 ribu orang dalam satu hari saat percepatan vaksinasi dilakukan oleh Pemkab Wonogiri.

“Sasarannya cuma sekitar 83 ribu, seluruh faskes (fasilitas kesehatan) siap bergerak. Faskes nanti yang turun ke sekolah-sekolah. SDM kita juga sudah siap,” ujar Jekek.

Strategi vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun memang dilakukan oleh faskes door to door ke sekolah. Itu demi memudahkan pengaturan anak. Jadwal vaksinasi di tiap sekolah pun sudah disiapkan oleh pihaknya. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com