JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jamin Keamanan dan Kenyamanan Natal di Wonogiri Polisi Kerahkan Petugas Plus Anjing Pelacak dan Metal Detektor

Natal
Personil Polres Wonogiri menyisir sudut gereja menggunakan metal detector. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Polres Wonogiri memastikan perayaan Natal 2021 berjalan aman dan nyaman. Salah satu langkah yang ditempuh adalah menggelar pengamanan di gereja-gereja.

Langkah tersebut dilaksanakan bahkan sebelum hari H perayaan Natal. Buktinya pada Minggu (19/12/2021), dimana Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, sudah mulai menyasar gereja untuk langkah pengamanan.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono menerangkan penyisiran tempat ibadah khususnya gereja-gereja di wilayah Kabupaten Wonogiri dipimpin oleh Kasat Samapta AKP Soepardi. Selain dipersenjatai alat metal detector, petugas juga mengerahkan unit K-9 yakni timsus anjing pelacak.

Baca Juga :  Menjaga Kebiasaan Pola Makan Teratur Setelah Ramadhan, Tetap Sehat dan Bugar

Aipda Iwan Sumarsono, menyebutkan, ada tiga gereja di Kota Wonogiri yang mendapatkan pengamanan pada Minggu tersebut. Ketiga gereja itu terdiri atas Gereja Santo Yohanes Rasul, Gereja Kristen Indonesia (GKI) dan Gereja GDPI Kenanga.

Kegiatan pengamanan gereja dalam rangka persiapan perayaan Natal Thaun 2021 dan penyambutan Tahun Baru 2022 atau Nataru ini, teknisnya dipimpin oleh Kanit Dalmas I Sat Samapta Polres Wonogiri Iptu Purwanto, dengan kekuatan personel sebanyak 16 anggota.

“Ikut disertakan pula personel dari unit K-9 dengan membawa serta anjing pintar. Juga petugas yang melakukan deteksi memakai metal detector dan alat pelacak bom,” ujar Iwan.

Baca Juga :  Keren, Hari Pertama Masuk Sekolah Usai Libur Lebaran 2024 Langsung Gelar PSN

Pengamanan dilakukan dengan mengecek kondisi gereja, baik di dalam ruangan mapun di luar ruangan. Yakni memeriksa di semua sudut ruangan peribadatan, dengan menggunakan metal detector dan anjing pelacak.

“Tidak ditemukan adanya barang mencurigakan Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas dia.

Bersamaan itu, kepada pengurus gereja diimbau untuk secara proaktif melakukan pengawasan secara internal. Juga menyampaikan imbauan kepada para jemaat, untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com