JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kaesang Jadi Trending Anak Bawang Beli Saham Rp 92 M, Simak 12 Sumber Pundi-Pundinya yang Jarang Terekspos!

Direktur Utama PT Persis Solo Saestu, Kaesang Pangarep. Foto: Instagram/official.persissolo
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Nama putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep kembali trending di media sosial.

Nama Kaesang disorot dan menjadi perbincangan usai membeli saham perusahaan Frozen Food PT Panca Mitra Multiperdana Tbk. (PMMP) bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), senilai Rp 92 miliar.

Gara-gara membeli saham PMMP 8 persen, tagar #DarimanaDuitKaesang sempat menjadi trending topic di Twitter, Rabu sore, 15 Desember 2021.

Salah satu sorotan datang dari eks Menteri Rizal Ramli. Ia lantang menyorot dan mempertanyakan dari mana uang Kaesang berasal.

Rizal sempat menyebut istilah anak bawang yang diduga ditujukan untuk putra bungsu Presiden itu. Ia mempertanyakan darimana anak bawang bisa memiliki finansial miliaran.

Lantas darimana sumber pundi-pundi harta Kaesang?

Kaesang sudah menjadi content creator, pebisnis higga investor saham sejak usia muda. Bahkan, Kaesang menjadi Komisaris RANS Entertainment milik artis Raffi Ahmad.

Selain itu, Kaesang merupakan pemilik saham mayoritas sekaligus Direktur Utama PT Persis Solo Saestu (PSS), yang menaungi Persis Solo.

Berdasarkan catatan Bisnis, Kaesang tercatat memiliki beberapa bisnis yang bergerak di sektor kuliner makanan dan minuman (F&B), fesyen, hingga aplikasi digital.

Berikut daftar bisnis milik Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi. Mulai dari Sang Pisang, Yang Ayam, hingga aplikasi Madhang.

1. Sang Pisang
Didirikan pada November 2017, Sang Pisang telah memiliki puluhan cabang di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Medan hingga Makassar. Bisnis kuliner milik Kaesang ini dikenal dengan produk pisang nugget ini yang unik.
Kini, Sang Pisang bahkan telah merambah hingga mancanegara. Pada Oktober 2019, Sang Pisang resmi membuka gerai di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca Juga :  Suharno, Dosen Senior Unisri Surakarta Berpulang

2. Sang Javas
Sebelum Sang Pisang, Kaesang Pangarep lebih dulu membangun bisnis Sang Javas pada Agustus 2017. Usaha ini menghasilkan produk kaos dengan gambar karikatur. Di awal bisnis, Kaesang berhasil menjual 2.000 potong kaos.

3. Enigma Camp
Bisnis yang satu ini berbeda dengan bisnis Kaesang lainnya. Enigma adalah wadah pelatihan programmer yang didirikan pada 2017 lalu oleh Kaesang Pangarep. Enigma fokus pada bisnis yang menyediakan IT Bootcamp dan IT Talent management untuk menyiapkan programmer siap kerja.

4. Yang Ayam
Bisnis yang satu ini dirilis Kaesang Pangarep pada 2019 lalu dengan gerai pertama di Tanjung Duren, Jakarta. Yang Ayam menyajikan menu nasi ayam dengan kisaran harga Rp 12.727 hingga Rp 21.818 per porsinya.

Yang Ayam menjadi salah satu portofolio venture capital-nya, yakni PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT).

5. Ternakopi
Kaesang akhirnya merambah ke produk kopi kekinian yang memang digilai anak-anak muda masa. Adik Gibran Rakabuming itu merilis produk bernama Ternakopi yang pada 2019. Kedai pertamanya dibangun di Cipayung, Jakarta Timur.

6. Ikan Lele
Pada Februari 2019 Presiden Jokowi pernah mengatakan bahwa Kaesang Pangarep tengah menjajaki bisnis ikan lele. Hal itu karena Kaesang melihat permintaan atas ikan lele sangat besar, sedangkan suplai di pasar masih sedikit.

7. Siapmas
Pada Agustus 2019, Kaesang Pangarep bersama sang kakak Gibran Rakabuming Raka membentuk brand Siapmas. Siapmas menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, yakni Kemripik, Pik Kripik, dan Ngedrink. Produk-produk ini dipasarkan melalui minimarket ritel.

Baca Juga :  Buka Bersama Dengan Anak-Anak Yatim, Diah Warih Komitmen Beri Bantuan ke Pondok Berbasis Digital

8. Mangkok Ku
Mangkok Ku merupakan bisnis restoran yang dilakukan Kaesang bersama dengan Chef Arnold Poernomo dan Gibran. Ketiganya membuka restoran Mangkok Ku yang belokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat, sekitar Juni 2019.

9. Hompimpa Games
Hompimpa Games adalah produk board game yang dihadirkan Kaesang Pangarep untuk membawa pesan toleransi dan nilai budaya Indonesia dengan jenis permainan tradisional. Adapun produk andalannya adalah board game mulai Math Cat, The Art of Batik dan Acaraki.

10. Aplikasi Madhang
Aplikasi smartphone besutan Kaesang bersama kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, ini menjembatani ibu-ibu jago masak dengan pembeli. Madhang ini diluncurkan pada 11 Desember 2017 lalu yang berbasis android atas kerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

11. Let’s Toast
Kaesang tidak hanya berinovasi dengan menu-menu khas nusantara, tapi juga berkreasi dengan menu ala Western. Dia meluncurkan brand Let’s Toast dengan menu pilihan berupa egg sandwich, french toast, dan beberapa pilihan minuman segar.

12. Sang Javas-Truz
Kaesang kembali merilis brand baru di bisnis pakaian dengan nama Sang Javaz-Truz. Usaha ini memiliki konsep pakaian untuk para skaters dengan sistem kerja sama dengan brand lokal Truz. Bisnis ini dirintis lewat pembukaan outlet di Solo pada Februari 2018.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com