JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Prioritas Pembangunan Pemkab Wonogiri Tahun 2022 Lengkap dengan Strategi Mencapainya

Bupati Wonogiri
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri telah memetakan prioritas pembangunan tahun 2022 ini. Prioritas itu tak bisa dilepaskan dari adanya pageblug alias pandemi COVID-19.

Sebagaimana diketahui, pandemi belum juga berakhir. Dampaknya juga telah terasa secara nyata di semua sendi kehidupan, termasuk sektor ekonomi.

Banyak sektor usaha yang terpukul akibat pandemi. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut. Saatnya kini ekonomi bangkit pada semua lini dari hulu hingga hilir.

Nah ternyata, prioritas pembangunan Pemkab Wonogiri tahun 2022 ini adalah pemulihan ekonomi.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengungkapkan Wonogiri dan semua daerah lainnya terdampak pandemi COVID-19. Pageblug itu berpengaruh terhadap seluruh sendi-sendi kehidupan di masyarakat, termasuk juga sektor ekonomi.

Baca Juga :  Tips Awal Pekan Senin Ceria, Lawan I Hate Monday dengan Semangat

Menurut dia, seluruh pelaku ekonomi sangat terkontraksi dengan adanya pandemi Corona. Karena itu, pihaknya menetapkan prioritas pembangunan Pemkab Wonogiri di tahun 2022 adalah melakukan pemulihan ekonomi.

“Kami akan mencoba memprioritaskan program yang bersumber dari kemampuan APBD kami untuk menuju pemulihan ekonom berbasis kemandirian ekonomi yang ada di Wonogiri,” ujar Bupati baru-baru ini.

Jekek menuturkan, Pemkab bakal berusaha mendorong para pelaku ekonomi untuk bisa berkembang. Caranya dengan memberikan fasilitas penunjang seperti pelatihan dan sebagainya. Dengan begitu, diharapkan akan muncul geliat ekonomi baru.

Selain itu, pihaknya juga berharap tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 saat masa-masa pemulihan ekonomi.

“Tentunya itu juga menjadi syarat agar kita bisa menuju kenormalan di kehidupan dan juga di ekonominya. Kalau ditanya prioritasnya kemana tentu ke recovery economy. Itu prioritas kami,” ujar Jekek.

Baca Juga :  Geger Diduga Korban Pembunuhan, Penemuan Kerangka Manusia di Setren Slogohimo Wonogiri, Ada Bekas Terbakar

Pihaknya juga menyebutkan langkah strategis yang akan diambil Pemkab Wonogiri untuk melakukan recovery economy. Bupati menuturkan jika membahas recovery economy, tentunya menyinggung kegiatan ekonomi yang paling dominan di Wonogiri, salah satunya adalah pertanian. Infrastruktur penunjang pertanian akan mendapatkan perhatian dari Pemkab Wonogiri.

“Pada prinsipnya kami akan mencoba untuk memfasilitasi, termasuk pada segmen pasarnya,” tutur dia.

Pihaknya bakal mencoba membangun sistem untuk membantu menjual produknya. Bisa saja dengan memperkuat sistem resi gudang, cakupan pasar lokalnya bisa diperluas, menjalin komunikasi dengan mitra kerja yang sudah ada. Bahkan tak menutup kemungkinan bekerjasama dengan daerah lain. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com