JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Jelang Launching Masuknya 12 PO Bus Elit Milenial di Jatipuro,  Camat  Bangun Pool Bus Seluas 1 Hektar dan Renovasi Sub Terminal

Ilustrasi bus wisata / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Pemerintah Kecamatan Jatipuro, Karanganyar melakukan pembangunan lahan seluas satu hektar untuk garasi atau pool bus yang hendak masuk ke Jatipuro tujuan Jabodetabek.

Selain itu juga dilakukan renovasi halaman milik UPT Kecamatan Jatipuro sekitar seribu meter untuk pool penumpang.

Pembangunan dan renovasi itu dilakukan seiring jelang acara peresmian masuknya sebanyak 12 PO bus tipe elit milenial untuk beroperasi di Kecamatan Jatipuro tujuan Jabodetabek.

Pasalnya,  pada saat launching bus tersebut peresmian atau sosialisasi itu akan dihadiri sekitar 5.000 warga perantauan asal Jatipuro dan sekitarnya yang tergabung dalam wadah Paguyuban Pedagang Bakso Nusantara PPBN pada Minggu (23/1/2022).

Camat Jatipuro, Kusbiyantoro mengatakan segala pembanahan sarana dan prasarana dilakukan mengingat pada 21-22 Januari para perantau sudah mulai berdatangan ke Jatipuro.

“Untuk sementara terdapat lahan milik warga di Dusun Kendal Desa Jatipuro yang saat ini sedang dibangun sebagai garasi untuk menampung bus yang masuk,” ungkapnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (19/1/2022).

Adapun untuk lahan mikik UPT Kecamatan Jatipuro yang juga sedang direnovasi untuk digunakan terminal sementara yang difungsikan sebagai tempat menaik turunkan penumpang saja, sedangkan bus tetap kembali ke garasi yang sudah dipersiapkan ditanah milik warga.

Halaman itu sebelumnya digunakan sebagai terminal mini angkutan, namun kini direhab agar akses bus AKAP bisa masuk.

“Prinsipnya segala persiapan teknis terus dikebut agar launching masuknya sebanyak 12 PO bus elit Milenial yang bakal beroperasi dari Jatipuro ke Jabodetabek berjalan lancar,” tandas Camat.

Meski demikian pembangunan tanah warga seluas satu hektar itu bertahap tidak langsung selesai namun diprioritaskan sebanyak 12 bus bisa masuk dilahan itu setiap harinya dan selanjutnya berkembang.

Sementara itu warga pemilik lahan yang dipakai untik garasi 12 PO bus, Wali Suryo (60) mengatakan pembangunan sementara dilakukan pada dasar atau pondasi sebagai akses keluar masuk bus setiap harinya.

“Saat ini pengerasan jalan dengan menggunakan sirtu sudah hampir rampung namun sementara tidak menggunakan atap karena darurat,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Meski begitu lanjut Wali Suryo pembuatan pool atau garasi bus tersebut jalan terus dan diperkirakan pada 22 Januari sudah terpondasi sekitar 2.000-3.000 meter untuk masuknya arus kedatangan 12 PO bus ke Jatipuro.

Sebagai informasi sebanyak 12 PO bus baru tipe elit milenial bakal serbu Kecamatan Jatipuro, Karanganyar guna melayani arus keberangkatan penumpang tujuan Jabodetabek.

MoU masuknya 12 bus milenial itu sudah dilakukan di Jakarta antara Ketua Paguyuban Warga Perantau Karanganyar (Pagar Anyar)di Jabodetabek dengan perusahaan bus bersama Camat Jatipuro Kusbiyantoro, akhir Desember lalu.

Dengan adanya kerjasama tersebut berpotensi terjadi pengembangan kawasan menuju terciptanya multiplier effect. Acara launching akan dilakukan  Minggu (23/1/2022). Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com