JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Lengkapi Pesona New Kemukus, Pasar New Barong Senilai Rp 3,75 M Akhirnya Diresmikan. Bupati Pesan Jangan Ada Kekacauan

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat meresmikan Pasar Barong yang baru di dekat Obyek Wisata The New Kemukus, Desa Pendem, Sumberlawang, Kamis (13/1/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pesona obyek wisata The New Kemukus atau Gunung Kemukus kini makin lengkap dengan kehadiran Pasar Barong.

Pasar jelmaan Pasar Krempyeng yang berlokasi di Desa Pendem, Sumberlawang tak jauh dari Kemukus itu diresmikan oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kamis (13/1/2022).

Pasar Barong yang diresmikan itu merupakan hasil revitalisasi dengan suplai dana TP-APBN pusat senilai Rp 3,75 miliar di 2021.

Kehadiran The New Pasar Barong itu diharapkan bakal melengkapi era baru Kemukus yang sudah disulap menawan sebagai wisata religi dan keluarga.

Baca Juga :  Usai Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Ketua Umum Gribranholic Sudirman Dukung Prabowo Gibran Menuju Indonesia Emas

Dalam kesempatan itu, Bupati Yuni berpesan dalam penataan pedagang supaya dimusyawarahkan secara baik-baik.

Dirinya tak ingin ada kekacauan karena ada sebagian pedagang yang disebut berasal dari luar Barong.

“Saya tidak ingin pembangunan pasar Barong ini justru menimbulkan kekacauan. Harapan saya pasar tradisional ini harus lebih baik dari pasar modern,” paparnya.

Bupati meminta agar pasar yang baru itu segera diberi pagar. Sehingga batas antara tanah warga jelas. Hal itu dimaksudkan untuk pembatas sekaligus menyelamatkan aset milik daerah.

“Ini nanti penataan lingkungan harus segera dianggarkan pagar belakang di perubahan 2022. Penataan besar, kios di depan pasar akan kita ratakan sebagai pintu masuk pasar,” katanya.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan, Cosmas Edwi Yunanto mengatakan Pasar Barong ini akan ditempati pedagang di Pasar Krempyeng.

Di Pasar Krempyeng setidaknya ada 98 pedagang, 52 pedagang diantaranya merupakan kios dan 44 pedagang menempati los.

Sementara di Pasar Barong terdapat 112 kios dan los. Selain itu untuk fasilitas penunjang, pasar tersebut juga dilengkapi dengan kantor pengelola pasar di lantai dua, enam kamar mandi, TPS, tempat pemotongan ayam dan ruang laktasi. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com