JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Mletre Lagi, Separuh Pedagang Sentra Kuliner Veteran Brigjen Ketamso Sragen Masih Ingkar Janji. Padahal Sebelumnya Pilihannya Lanjut Semua!

Kondisi sentra kuliner Brigjen Katamso di Jalan Veteran yang kini sepi karena banyak kios tak jualan. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komitmen para pedagang di sentra kuliner Veteran Brigjen Katamso Sragen untuk kembali aktif berjualan lagi-lagi dipertanyakan.

Pasalnya, di hari yang sudah disepakati untuk kembali berjualan Sabtu (8/1/2022) ini, ternyata belum semua pedagang menepati janjinya.

Bahkan dari total 21 kios yang ada, baru separuh yang buka. Sedangkan sisanya kembali mletre belum buka juga.

Pantauan di lokasi sentra kuliner yang diresmikan Bupati Maret 2020 itu, hampir separuh kios masih sepi tak ada pedagangnya.

Pihak Dinas Koperasi UKM dan Perindag juga membenarkan hasil pantauan tim ke lokasi, ternyata kesepakatan untuk berjualan kembali hari ini, belum semuanya memenuhi.

“Iya tadi kami juga mantau ke sana (sentra kuliner Veteran Brigjen Katamso). Yang buka memang belum semuanya. Tadi kita cek yang jualan baru sekitar 12 pedagang. Sisanya masih tutup, katanya minta waktu Senin baru akan buka. Yang lain Minggu depan. Padahal kemarin pas kami kumpulkan dan beri penjelasan hari Kamis (6/1/2022) semua sepakat janjine Sabtu mau buka semua,” papar Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag, Cosmas Edwi Yunanto melalui Kabid Sarpras dan Distribusi Perdagangan, Handoko dikonfirmasi, Sabtu (8/1/2022).

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

Pihaknya tak habis pikir dengan sikap sebagian pedagang yang belum juga berjualan. Dari keterangan saat dikumpulkan di dinas, alasan yang disampaikan macam-macam.

Ada yang karena pandemi dan beberapa alasan lain. Menurutnya, dinas hanya ingin agar pedagang memanfaatkan kios yang sudah dibangun oleh Pemda sesuai peruntukan dan visi misi bupati.

“Tugas kami hanya memastikan bahwa kios yang sudah diberikan pada mereka, aset itu segera dipakai sesuai peruntukannya. Sesuai petunjuk pimpinan yang berharap kios yang didesain lebih bagus itu bisa segera dipakai berjualan lagi. Kalau banyak yang nggak jualan ya eman-eman,” urainya.

Pedagang yang belum berjualan diharapkan sesegera mungkin aktif kembali.

Selain sudah berjanji, mereka juga sudah membuat surat pernyataan sendiri bahwa memilih opsi tetap lanjut berjualan.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

“Kemarin memang kami beri 2 alternatif pilihan. Apakah lanjut atau tidak. Kalau lanjut ya segera berjualan, kalau tidak biar asetnya ditarik pemerintah lagi dan ditawarkan ke masyarakat lain yang mau berjualan. Mereka semua pada menyatakan siap lanjut. Komitmen inilah yang harusnya dipegang. Soal ramai atau tidaknya ya mestinya pedagang sudah punya strategi sendiri,” jelasnya.

Imbauan segera aktif itu dilontarkan demi optimalisasi aset di Sentra kuliner itu. Pasalnya pusat kuliner itu sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit demi bisa mengakomodir pedagang.

Lantas jika dibiarkan berlarut-larut tak jualan, dikhawatirkan akan memunculkan persepsi negatif seolah dinas melakukan pembiaran.

Terpisah, Ketua Pengelola Sentra Kuliner Veteran Brigjen Katamso, Indarjo sehari sebelumnya juga sudah menyampaikan dari kesanggupan pedagang, akan buka kembali mulai Sabtu (8/1/2022) hari ini.

“Sudah ada kesanggupan, Sabtu besok semua akan jualan lagi,” ujarnya ditemui di Warung Berkah Taman Asri, Jumat (7/1/2022). Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com