JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

DIY Umumkan Ada 73 Kasus Omicron, Sultan: Hasil Pemeriksaan Wisatawan Luar Kota

Varian omicron. pixabay

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk pertama kalinya mengumumkan kasus positif Omicron, Kamis (10/2/2022). Tercatat ada 73 kasus yang dilaporkan dari hasil pemeriksaan dengan metode Whole Genome Sequencing (WGS).

Gubernur DIY. Sri Sultan Hamengku Buwono X menguraikan, 73 kasus tersebut didapatkan dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap 83 sampel.

Baca Juga :  Jemaah Calon Haji Boyolali Diberangkatkan, Ini Pesan Wabup

Pemeriksaan WGS tersebut dilakukan oleh laboratorium Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY.

Sultan mengatakan, sebagian besar kasus positif Omicron ini merupakan wisatawan yang datang ke DIY. Wisatawan tersebut diketahui melakukan tes Covid-19 saat akan kembali ke daerahnya.

“Ini kan hasil (pemeriksaan) dari wisatawan luar Yogya yang masuk Yogya, mereka sebelum meninggalkan Jogja mengambil inisiatif untuk swab di RS atau di klinik di Yogya. Begitu diambil sampelnya, dia pulang ke daerahnya, ternyata begitu sampelnya berproses di UGM maupun BBTKLPP itu ternyata ada yang Omicron jumlahnya 73 orang,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (10/2/2022).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua