JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Menyimpan Madu Agar Selalu Terjaga Kualitasnya

Ilustrasi sarang lebah. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Madu telah lama digunakan untuk berbagai macam pengobatan karena mengandung banyak nutrisi. Seperti dikutip dari Medical News Today, madu merupakan cairan manis yang dihasilkan lebah dari nektar bunga.

Madu biasa dikonsumsi secara langsung maupun dicampur dengan minuman ataupun makanan. Madu akan tetap terjaga kualitasnya jika tepat cara menyimpannya, termasuk pemakaian wadah, sendok, tempat penyimpanan. Sebab cara menyimpan yang tak tepat, bisa mengakibatkan reaksi kimia dari kandungan madu. Akibatnya kualitas madu akan berkurang.

Baca Juga :  Gejalanya Mirip, Ini Perbedaan Demam Berdarah dengan Demam Biasa

Bagaimana cara menyimpan madu?

Wadah kaca

Mengutip situs web Maes Honey, wadah kaca lebih bagus digunakan untuk menyimpan madu, daripada bahan logam. Sebab, bahan logam bisa menimbulkan reaksi oksidasi.

Wadah plastik juga dapat digunakan, tapi tidak penyimpanan dalam waktu yang lama. Sebab, wadah plastik sifatnya yang dapat berubah seiring waktu, karena akan melepaskan beberapa komponennya. Kemasan plastik juga tak dapat menahan perubahan suhu. Padahal, perubahan suhu yang akan memengaruhi kualitas madu.

Baca Juga :  Awas, Penyakit Cacar Monyet Bisa Menular dari Hewan ke Manusia

Sedangkan wadah kaca sifatnya netral dan tak terpengaruh suhu panas. Itu sebabnya kualitas madu tetap terjaga jika disimpan dalam wadah kaca.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua