JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

4 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan Bisa Kendalikan Tekanan Darah

Buah kurma. Foto: Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kurma merupakan salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi.

TEMPO.CO, Jakarta – Kurma termasuk jenis buah yang mengandung banyak nutrisi. Mengutip Healthline, waktu yang tepat untuk mengonsumsi kurma adalah saat lapar. Karena, pada saat lapar, tubuh melepaskan enzim pencernaan di mulut selama proses pencernaan.

Tubuh akan menentukan jenis enzim yang dibutuhkan berdasarkan rasio makronutrien makanan, komposisi karbohidrat, protein, dan lemak. Kurma merupakan makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan. Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral.

Manfaat kurma untuk kesehatan

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Indeks glikemik rendah

Kurma termasuk asupan rasa manis dan serat alami yang juga cocok untuk program diet. Kandungan seratnya akan mengenyangkan. Mengutip MedicineNet, kurma mengandung fruktosa yang tinggi, rasa manisnya alami. Indeks glikemik rendah kurma berdampak ringan pada kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik rendah sedikit peningkatan kadar gula darah.

Antioksidan

Kurma banyak mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit. Kurma juga bermanfaat mencegah sembelit, diare, dan radang saluran pencernaan. Kurma berguna membersihkan bakteri jahat yang bersarang di usus.

Mengendalikan tekanan darah

Kurma mengandung potasium yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk detak jantung, fungsi pernapasan dan otot. Kandungan kalium kurma bermanfaat mengatur tekanan darah sambil menghilangkan natrium dari tubuh. Kalium dibutuhkan tubuh agar jantung berdetak secara baik.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Kesehatan gigi dan rambut

Makan kurma secara teratur juga bermanfaat melindungi dan meningkatkan kekuatan lapisan luar gigi atau email. Nutrisi kurma juga mengurangi risiko kerusakan gigi karena mengandung fluorida. Kurma mengandung vitamin B5 yang sangat penting untuk perawat rambut, termasuk kerontokan, rapuh, ujung bercabang. Asupan empat buah kurma setiap hari membantu mengurangi masalah rambut.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com