JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Manfaat Air Garam, Mulai Ringankan Gejala Sariawan Hingga Usir Bau Mulut

ilustrasi garam / pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Garam, selain digunakan untuk bumbu masak, juga biasa digunakan untuk berbagai pengobatan. Garam merupakan nama umum dari natrium klorida (atau NaCl), ia terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Setiap 2,5 gram garam mengandung 1 gram natrium dan 1,5 gram klorida.

Merangkum situs Web MD di alamat webmd.com, berikut berbagai manfaat garam untuk pengobatan :

1. Sariawan

Membilas mulut dengan air garam dapat mengurangi rasa sakit dan membantu mempercepat penyembuhan sariawan. Caranya, cukup larutkan satu sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air, kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari, sampai sariwan membaik.

2. Luka kuku tumbuh ke dalam

Beberapa orang mungkin pernah mengalami ujung kuku jempol kaki tumbuh ke dalam dan terperangkap di bawah kulit. Kondisi ini biasanya mengakibatkan rasa sakit, kemerahan dan bengkak, serta luka. Untuk meredakan pembengkakan dan nyerinya, coba rendam kaki dengan air garam hangat beberapa kali sehari. Dilanjutkan dengan penggunaan salep antibiotik dan perban.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

3. Psoriasis dan eksim

Air asin kaya mineral, maka itu merendam kulit dengan air garam dapat membantu melembabkan dan mengurangi kemerahan pada kulit. Pada penderita psoriasis atau eksim, merendam kulit dengan air garam dapat membantu meredakan bercak bersisik dan peradangan. Cara melakukannya, tambahkan garam ataupun garam epsom ke dalam bak mandi dan berendamlah selama sekitar 15 menit.

4. Gigitan serangga

Soda kue mengandung garam, dan dapat membantu mengatasi rasa gatal, perih, atau pembengkakan ringan. Penggunaannya juga bantu redakan ruam gatal-gatal, angioedema, atau alergi akibat kontak dengan tanaman seperti poison ivy, poison oak, atau poison sumac.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

5. Sakit tenggorokan

Berkumur dengan air garam dapat meredakan pembengkakan dan meredakan gatal akibat sakit tenggorokan. Caranya, cukup berkumur dengan larutan air garam.

6. Bau mulut

Nafas tidak segar dapat diakibatkan mulut kering dan penumpukan plak. Karena soda kue mengandung garam, ia bisa digunakan untuk melawan mikroba di mulut, dan bantu menetralisir bau mulut hingga 3 jam. Caranya, buatlah obat kumur air garam dengan setengah sendok teh soda kue dan secangkir air. Gunakan untuk berkumur selama satu menit, 3 sampai 4 kali per hari.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com