JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini yang Harus Dilakukan Kalau Ada 1 Kasus Positif Covid-19 di Sekolah, Wajib Diterapkan 5 sampai 7 Hari

PTM
Pelaksanaan PTM di Kecamatan Purwantoro Wonogiri. Dok. Kodim 0728
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat ini masih menjadi pertanyaan banyak pihak mengenai apa yang harus dilakukan kalau ada 1 kasus positif Covid-19 di sekolah.

Apakah sekolah tersebut jika awalnya menerapkan sistem pembelajaran tatap muka (PTM) harus beralih ke mode pembelajaran jarak jauh (PJJ)?

Ataukah sekolah masih boleh melanjutkan. PTM mengingat hanya ada 1 kasus positif Covid-19.

Ternyata hal ini sudah diantisipasi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah, dengan menginstruksikan agar penerapan protokol kesehatan (prokes) di sekolah harus diketatkan. Ini bertujuan mengamankan warga sekolah dari paparan Covid-19.

“Sekolah-sekolah sudah kita minta untuk pengetatan karena kasus Covid-19 belakangan memang naik,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah Sunarno, baru-baru ini.

Baca Juga :  23 Orang Meninggal Selama Lebaran 2024

Sunarno menambahkan, pihaknya juga sudah memberikan instruksi terkait penyikapan jika ada guru atau siswa yang bergejala mengarah Covid-19. Semisal ada warga sekolah yang demam, batuk, pilek dan gejala mengarah Covid-19 lain, pihak sekolah harus segera berkoordinasi dengan Puskesmas setempat.

Jika berdasarkan pemeriksaan pihak puskesmas ditemukan kasus Covid-19 di sekolah, maka sekolah itu beralih dari PTM terbatas menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Walaupun cuma ada satu, entah guru atau siswa, sekolah itu langsung berganti jadi PJJ. PJJ dilakukan sekitar lima sampai tujuh hari,” tegas Sunarno.

Setelah itu, temuan kasus itu juga harus dikoordinasikan dengan puskesmas setempat. Sehingga bisa segera dilakukan langkah-langkah seduai SOP yang ada. Misalnya ada temuan siswa di salah satu kelas yang positif Corona, maka bisa dilakukan tracing dan sebagainya.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

“Jadi dengan begitu, prokesnya memang harus diketatkan lagi. Apalagi saat ini ada varian Omicron,” kata dia.

Apakah saat ini ada SMA/SMK di Kota Mete Wonogiri yang terpaksa menggelar PJJ karena ada temuan kasus Covid-19 di sekolah? Sunarno mengaku belum ada lagi laporan masuk terkait hal tersebut. Sebelumnya, saat ada temuan kasus Covid-19 di sejumlah sekolah pihaknya selalu mendapatkan laporan.

“Saat ini semuanya masih PTM terbatas,” terang dia. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com