JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hasil Survei Terbaru Capres 2024, Ganjar Keokkan Puan Jauh Sekali. Masih Ngotot Dicalonkan Nih Bos?

Penampakan baliho Puan Maharani yang merebak di berbagai wilayah di Sragen (kiri) dan pembentukan relawan Dulur Ganjar Pranowo (DGP) Sragen. Foto/Wardoyo
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kengototan PDIP mengorbitkan Ketua DPR RI, Puan Maharani untuk maju ke Pilpres 2024 agaknya patut dipertimbangkan lagi.

Pasalnya meski digenjot habis-habisan, faktanya hasil survei sang putri Ketum PDIP itu belum bisa bersaing di level atas.

Puan bahkan jauh tertinggal dari kandidat asal PDIP lainnya, Ganjar Pranowo.

Hal itu mendasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru soal peta kandidat dalam bursa Capres 2022.

Hasil survei menunjukkan loyalis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) cenderung memilih Ganjar Pranowo ketimbang Puan Maharani di Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Diaei hasil survei yang dirilis SMRC, elektabilitas Ganjar bahkan unggul jauh dari sang cucu Bung Karno.

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, dalam paparan survei terbau mereka menyatakan bahwa Ganjar mendapatkan suara 34,2 persen dari massa pemilih PDIP.

Dia unggul jauh dari Puan Maharani yang hanya mendapatkan 1,9 persen suara. Puan bahkan kalah dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mendapatkan suara 11,1 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendapatkan suara 7,2 persen.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Bahkan, menurut data yang dimiliki SMRC, dukungan terhadap Ganjar cenderung menguat dalam satu tahun terakhir.

“Dalam setahun terakhir dukungan massa PDIP kepada Ganjar naik dari 20,1 persen pada Maret 2021 menjadi 34,2 persen pada Maret 2022. Namun, dalam 3 bulan terakhir, dukungan massa PDIP kepada Ganjar cenderung stagnan dari 36,7 persen pada Desember 2021 menjadi 34,2 persen Maret 2022,” ujar Abbas dalam pemaparan hasil Survei SMRC Kamis, (7/4/2022).

SMRC juga memaparkan ada tren kecenderungan dukungan massa pemilih PDIP pada Puan Maharani dalam satu tahun terakhir tidak banyak berubah.

Yakni tetap sangat sedikit, yaitu sebesar 1,3 persen pada Maret 2021 dan 1,9 persen pada Maret 2022.

Survei terbaru SMRC ini dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 1.220 responden pada 13 – 20 Maret 2022.

Pemilihan responden dilakukan dengan metode multistage random sampling. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.027 atau 84 persen.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Suara PDIP saat ini memang dikabarkan terpecah soal siapa yang harus mereka usung pada Pilpres 2024. Di akar rumput, dukungan terhadap Ganjar sangat kuat sementara dukungan terhadap Puan datang dari kalangan elit partai berlambang banteng.

Perpecahan itu bahkan membuat sebagian kader mereka mencoba untuk mengusulkan duet Ganjar-Puan pada Pilpres 2024. Laskar Ganjar-Puan pun telah terbentuk di berbagai daerah.

Meski demikian, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri belum bersuara siapa calon presiden yang akan mereka usung dua tahun mendatang.

Dalam survei yang sama, SMRC juga menyatakan bahwa Ganjar Pranowo merupakan satu dari tiga tokoh yang mendapatkan dukungan paling tinggi untuk Pilpres 2024. Dia bersaing ketat dengan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com