JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Bikin Malas Beraktivitas, Ini 5 Dampak Buruk Terlalu Lama Rebahan bagi Kesehatan

Ilustrasi rebahan. pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Rebahan atau bermalas-malasan di tempat tidur atau di sofa memang menyenangkan dan mengasyikan. Tetapi jika terlalu sering dan lama rebahan, ternyata dapat berdampak buruk untuk kesehatan.

Dikutip dari berbagai sumber, ini deretan dampak buruk rebahan bagi kesehatan:

1. Membuat wajah terlihat bengkak

Dikutip dari laman Science ABC, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pernah mengadakan penelitian untuk mempelajari efek rebahan selama berhari-hari. Studi ini dilakukan NASA dan 55 relawan pada 2014.

Para relawan diharuskan rebahan di tempat tidur selama 70 hari berturut-turut tanpa bangun untuk tujuan apa pun, dengan posisi kepala miring ke bawah dan kaki terangkat ke atas. Tapi, mereka diperbolehkan bangun 30 menit untuk makan.

Baca Juga :  Waktu Tepat Mengukur Tekanan Darah, Hindari Setelah Minum Kopi

Penelitian itu menemukan, orang yang berbaring dengan kaki terangkat miring memiliki lebih banyak darah mengalir ke kepala mereka sehingga wajah mereka terlihat bengkak. Kondisi ini mirip dengan pengalaman perjalanan ruang angkasa.

2. Menyebabkan luka baring

Sementara posisi berbaring apa pun bisa berbahaya bagi seseorang secara keseluruhan. Ketika seseorang rebahan dan tidak bergerak sama sekali, ia bisa mengalami luka tekan atau yang disebut luka baring.

Baca Juga :  Cara Mudah Membesarkan Mr “P” yang Dapat Dicoba

Luka baring disebabkan karena kurangnya gerakan sehingga darah di seluruh kulit terganggu dan menyebabkab beberapa bagian kulit mati. Ada beberapa tahapan luka baring, tapi jika sudah mencapai tahap 4 bisa berdampak buruk bagi tulang.

Dalam kasus ekstrim, luka baring bahkan bisa membunuh orang. Inilah mengapa perawat terus-menerus mengubah posisi pasien lumpuh.

3. Meningkatkan risiko depresi atau kecemasan

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua