JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Minum Kopi Espresso Berlebih Bisa Tingkatkan Kolesterol, Benarkah?

Ilustrasi secangkir kopi. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Hasil studi teranyar menemukan bahwa konsumsi kopi yang berlebih setiap hari bisa meningkatkan kadar kolesterol darah. Seperti diketahui kolesterol berlebih dalam darah dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan strok.

Temuan dalam studi ini cukup berbeda dengan beragam studi sebelumnya yang kerap menyoroti manfaat konsumsi kopi bagi kesehatan jantung. Lalu mana yang benar?

Studi terbaru ini dilakukan oleh tim peneliti dari Norwegia dengan melibatkan lebih dari 21 ribu orang partisipan berusia di atas 40 tahun yang menetap di kota Tromso. Dari studi ini, tim peneliti mendapati bahwa konsumsi espresso memiliki hubungan yang signifikan dengan peningkatan kadar kolesterol darah.

Baca Juga :  Deretan Manfaat Minyak Jagung, Baik untuk Perawatan Kulit

Peningkatan kadar kolesterol darah ini mulai terlihat ketika seseorang memiliki kebiasaan minum tiga hingga lima cangkir espresso per hari. Studi yang dimuat dalam jurnal Open Heart ini juga mengungkapkan bahwa efek tersebut tampak lebih kuat pada pria dibandingkan wanita.

Baca Juga :  Gejalanya Mirip, Ini Perbedaan Demam Berdarah dengan Demam Biasa

Akan tetapi, hanya perempuan yang tampak mengalami peningkatan kadar kolesterol bila memiliki kebiasaan minum kopi filter sebanyak enam gelas atau lebih per hari. Efek serupa tidak ditemukan pada pria yang memiliki kebiasaan sama.

Kopi filter merupakan sajian kopi yang dibuat dengan teknik pour over atau drip. Tim peneliti tidak menemukan adanya risiko yang berkaitan dengan konsumsi kopi instan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua