JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Youtube Sekretariat Presiden

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut larangan ekspor minyak goreng dan bahan bakunya, dan kebijakan ini berlaku mulai Senin (23/5/2022).

“Saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali,” Ujar Jokowi dalam konferensi pers pada Kamis, (19/5/ 2022).

Sebelumnya, Jokowi melarang ekspor minyak goreng dan bahan bakunya terhitung mulai Kamis, (28/4/2022) sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian. Hal ini Jokowi sampaikan usai memimpin rapat tentang pemenuhan kebutuhan rakyat, utamanya tentang kebutuhan minyak goreng di dalam negeri.

Baca Juga :  Menko Airlangga Imbau Perusahaan Ambil Langkah Mitigasi Korupsi Melalui Tata Kelola yang Baik dan Transparan

“Saya akan terus memantau dan mengevaluasi kebijakan ini agar ketersediaan minyak goreng di dalam negeri melimpah dengan harga terjangkau,” kata dia dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Jumat, (22/4/2022).

Lalu pada 27 April, Jokowi kembali membuat pengumuman terkait kebijakan ini. Ia menyebut pemenuhan kebutuhan masyarakat akan menjadi patokannya dalam mengevaluasi kebijakan larangan ekspor minyak goreng.

“Begitu kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi, tentu saya akan mencabut larangan ekspor,” kata Jokowi saat itu.

Baca Juga :  Lirik Lagu Ojo Dibandingke Farel Prayoga yang Lagi Viral

Kebijakan ini diambil Jokowi karena mempertimbangkan sejumlah faktor. Pertama, kondisi pasokan minyak goreng nasional yang terus bertambah sejak adanya larangan ekspor.

Rata-rata kebutuhan nasional minyak goren curah mencapai 194 ribu ton per bulan. Lalu pada Maret 2022 sebelumnya adanya larangan ekspor, Jokowi menyebut pasokan nasional hanya 64,5 ribu ton.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com