JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Presiden Jokowi Perlonggar Kewajiban Bermasker. Tunggu, Penumpang KRL Tetap Harus Bermasker

twitter

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang telah memberikan kebebasan pada masyarakat untuk membuka masker di ruang terbuka.

Namun tunggu dulu, karena masker tetap wajib digunakan di dalam ruangan maupun di transportasi publik.

Hal itu sebagaimana yang diungkapan oleh VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba.

Dia  mengatakan, penumpang KAI Commuter baik di KRL Jabodetabek, KRL Yogyakarta-Solo maupun KA Lokal tetap wajib menggunakan masker saat berada di kereta.

“Seluruh pengguna tetap wajib memakai masker dengan benar hingga menutupi hidung, mulut dan dagu secara sempurna ya,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga :  Ke Masjid, Pria Yogya Ini Tidak Salat, Tapi Malah Nyolong Kotak Amal

Dia menjelaskan, penumpang juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin secara manual kepada petugas.

“Tentunya, KAI Commuter juga terus mengimbau untuk tetap jaga jarak saat duduk di kursi KRL maupun saat berdiri di dalam perjalanan KRL serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta,” bebernya.

Tidak hanya menggunakan masker, KAI Commuter juga memberlakukan aturan-aturan tambahan lainnya dalam menggunakan KRL yaitu larangan berbicara secara langsung maupun melalui telepon selama berada di dalam perjalanan.

Baca Juga :  Mau Mancing di Laut, Pria Bantul Ini Malah Temukan Mayat Pria di Pantai

“Untuk pengguna yang membawa anak-anak khususnya balita, kami imbau untuk menghindari kepadatan saat hendak menggunakan KRL. Petugas juga akan mengatur pergerakan pengguna anak-anak yang akan menggunakan KRL, selama tidak terlalu padat petugas akan mengizinkan untuk naik KRL,” bebernya.

Mulai 18 Mei 2022, KAI Commuter menjalankan operasi dan layanan KRL dan KA Lokal sesuai aturan terbaru dari pemerintah yaitu Surat Edaran Kemenhub Nomor 57 tahun 2022.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua