JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Jokowi Resmi Buka Keran Ekspor CPO, Menko Airlangga: Diimbangi Pengawasan Ketat

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto / Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kegelisahan petani sawit di tanah air akibat kebijakan larangan sementara ekspor crude palm oil (CPO) bakal terobati.

Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah membuka kembali keran ekspor CPO mulai Senin (23/5/2022) mendatang.

Hal itu ditandaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat melakukan konferensi pers, pada Jumat (20/5/2022).

Menko Airlangga menegaskan, meskipun ekspor CPO kembali diizinkan, namun akan ada pengawasan secara ketat dari pelaksanaan kebijakan tersebut.

Baca Juga :  Pengamat: Keunggulan KIB Tidak Tergantung Figur, Tapi Pada Kerja Lintas Sektor dan Struktur

“Pengawasan ekspor oleh produsen ini akan diadasi secara ketat dan terintegrasi oleh Bea Cukai, Satgas Pangan Polri, kementerian lembaga terkait, pemda dan pengawasan melibatkan Kejaksaan Agung,” ujar Menko Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Menko Airlangga mengatakan, pemerintah akan menindak tegas setiap penyimpangan dalam aturan minyak goreng. Baik itu pada sektor distribusi maupun ekspor.

Baca Juga :  Belum Ada Acuan Detail, Semua Jenis Mobil Masih Bisa Konsumsi Pertalite

 

Menurut Menko Airlangga, kebijakan pembukaan keran ekspor itu juga akan diikuti dengan kebijakan untuk menjamin ketersediaan bahan baku minyak goreng.

Pemerintah akan menerapkan aturan domestic market obligation (DMO) dan domestic prize obligation pada minyak goreng nasional. Kebijakan tersebut akan ditentukan oleh Kementerian Perdagangan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua