JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Gandeng KPU, Gibran Menangi Pemilu Ketua OSIM di MTsN 4 Sragen

Suasana pemilihan umum Ketua OSIM yang digelar mirip Pilkada dengan menggandeng KPU di MTsN 4 Sragen. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hiruk pikuk pemilihan umum bukan hanya terjadi dalam partai politik ataupun calon legislatif pemilu saja.

Di sekolah pun, tata cara demokrasi juga mulai diperkenalkan dalam wujud nyata.
Salah satunya di MTSN 4 Sragen.

Bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, MTSN di Plupuh itu menerapkan pendidikan demokrasi melalui pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan kegiatan pemilihan ketua OSIM.

Pilihan langsung yang digelar pada hari Kamis (10/6/2022) itu dikemas mirip pemilu dan dihadiri langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Sragen, Minarso.

Layaknya kontestasi pemilihan umum, siswa diberikan kesempatan memilih calon ketua OSIM lewat sejumlah tahapan.

Sekitar 592 siswa dari kelas 7 dan 8 diwajibkan memberikan hak suaranya, siswa memberikan hak suaranya secara bergantian sesuai urutan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sebelum pemilihan digelar, dilaksanakan apel terlebih dahulu dalam sambutannya Pelaksana Harian kepala MTSN 4 Sragen, Warsana mengatakan semua warga madrasah harus mengikuti proses pemilihan sampai dengan selesai.

Pasalnya kegiatan itu adalah salah satu bentuk latihan untuk memilih pemimpin yang bisa diandalkan.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Siswa yang menjadi kandidat calon utk dipilih juga harus menunjukan kreatifitasnya guna menarik perhatian teman-teman agar memilihnya.

“Pemilihan secara langsung ini juga dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan dan mengenalkan demokrasi sejak dini,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Pembina OSIM MTsN 4 Sragen, Didik Hardi Handoko, kemudian memberikan arahan tentang tata cara pemilihan yang sama persis dengan aturan pemilu.

Panitia yang sudah dibentuk segera bertugas menyelenggarakan tata cara pemilihan.

Dalam pemilihan OSIM ini diikuti oleh 3 pasangan calon, yakni, nomor urut 1 Gigah Kholil Gibran- Cahya Indah Novitasari disusul nomor urut 2 : Rio Ruby Dhia Annasai dan Nomor urut 3 : Muh. Rifai Mustofa – Septiana Hapsari.

Selesai penyampaian tata cara pemilihan dari pembina OSIM, para siswa menuju TPS, satu persatu mulai dari pendaftaran, pengambilan surat suara, pencoblosan di bilik dan pencelupan jari di tinta sebagai tanda sudah memilih.

Adapun hasil pemilihan akhirnya paslon nomor urut 1, Gigah Kholil Gibran – Cahya Indah Novitasari tampil sebagai pemenang dengan meraup 319 suara.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Mereka mengungguli 2 paslon lainya yang meraih 186 suara, 66 suara dan 21 suara tidak sah.

Kepala MTsN 4 Sragen, Sumanto mengatakan dengan proses pemilihan langsung diharapkan siswa mengenal demokrasi secara langsung dan menggunakan hak-hak suaranya dan menentukan pemimpin dalam hal ini ketua OSIM.

“Selain itu juga dapat membentuk karakter siswa serta mengajarkan untuk bekerja sama dan menyelesaikan masalah. Sekaligus mengajarkan bagaimana mereka bertanggung jawab terhadap pemimpin yang dipilih,” ujarnya.

Ketua KPU Sragen, Minarso menambahkan di negara Demokrasi termasuk Indonesia, perlu diperkenalkan ilmu pengetahuan demokrasi sejak dini kepada generasi muda.

Termasuk di kalangan siswa yang dicontohkan di MTsN 4 Sragen itu.

“Sehingga mereka paham dan memahami arti pentingnya demokrasi,” katanya.

Salah satu siswa yg menjadi petugas TPS, M Zaka mengaku senang mengikuti pemilihan ketua OSIM.

Menurutnya pemilihan seperti ini memiliki manfaat saat dia mempunyai hak pilih nanti.

“Dengan acara ini bisa mengerti dan bisa memilih dengan benar saat sudah punya hak untuk memilih pemimpin,” ujarnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com