JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Gejalanya Mirip, Ini Perbedaan Demam Berdarah dengan Demam Biasa

Ilustrasi nyamuk demam berdarah. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM Demam berdarah dengue (DBD) daqn demam biasa memiliki gejala awal yang mirip. Tetapi jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, demam berdarah dapat menyebabkan kematian.

Gejala yang mirip antara DBD dan demam biasa, membuat seseorang tidak menyadarinya. Supaya mendapat penanganan yang tepat, perbedaan keduanya penting untuk diketahui.

Dilansir dari Times of India, demam biasa ditularkan melalui tetesan aerosol di udara dari orang yang terinfeksi atau dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi. Sementara demam berdarah ditularkan melalui gigitan nyamuk, terutama Aedes Aegypti.

Baca Juga :  Sariawan, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Demam biasa umumnya berlangsung selama 3-5 hari, sedangkan demam berdarah dapat berlangsung selama 2-7 hari atau bahkan lebih jika tidak diobati tepat waktu.

Demam biasa dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. Di sisi lain, demam berdarah tidak dapat ditularkan melalui udara ataupun sentuhan.

Baca Juga :  Makanan Enak ini Kaya Vitamin D

Saat seseorang mengalami demam biasa, gejalanya tidak separah demam yang disebabkan oleh infeksi dengue. Gejala lain yang mungkin menyertai demam biasa antara lain pilek, sakit tenggorokan, nyeri tubuh ringan, dan kelemahan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com