JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Politeknik St Paulus Surakarta Gelar Kreasi PMT Balita Berbahan Gluten Free

Tim Prodi Teknologi Rekayasa Pangan Politeknik Santo Paulus Surakarta tengah memberikan penjelasan dalam acara Gelar Kreasi PMT Balita berbahan gluten free / Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Prodi Teknologi Rekayasa Pangan Politeknik Santo Paulus Surakarta (Polsapa) mengadakan kreasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Balita di Desa Purbayan, Baki Sukoharjo.

Kegiatan dalam rangka peningkatan gizi Balita yang melibatkan peran serta Pokja IV PKK Desa Purbanyan itu digelar pada Sabtu (25/6/2022) di rumah salah satu kader Posyandu.

Melalui rilisnya ke Joglosemarnews disebutkan, sebanyak 30 kader dari 13 posyandu Desa Purbayan mengikuti kegiatan tersebut dengan antusiasme tinggi.

Hal ini terlihat dari animo peserta yang tetap bersemangat ketika membuat kreasi PMT. Kreasi yang mereka buat berbahan gluten free (non gluten).

Baca Juga :  Begini Cara Menghitung Jarak Zonasi PPDB 2024 Bagi Siswa Baru SD, SMP, dan SMA

Salah satu tim pengabdian Polsapa, Binardo Adi Seno M, S TP MSc menjelaskan gluten merupakan jenis protein yang berasal dari sereal seperti gandum, tepung terigu, havermuth (oat) dan barley.

“Gluten ini salah satu yang berperanan sehingga roti bisa mengembang karena elastis,” paparnya.

Fransiska Harumi P S TP MM, dosen Polsapa menambahkan, mocaf dan tepung maizena adalah contoh bahan gluten free yang bisa digunakan sebagai modifikasi pembuatan PMT.

Cookies adalah salah satu varian produk yang bisa dihasilkan untuk PMT karena tekstur yang renyah sangat disukai anak Balita.

Baca Juga :  JSIT Jateng Gelar Halal Bi Halal dan Silatbar 2024 di Purwantoro, Wonogiri

“Alasan memilih bahan bebas gluten karena tidak semua orang dapat mengkonsumsi dan mencerna gluten dengan baik. Individu yang memiliki alergi terhadap gluten, penyandang celiac disease dan penyandang autism spectrum disorder (ASD) harus menghindari gluten agar tidak timbul dampak buruk pada tubuh,” imbuh Laela Nur, anggota Tim Polsapa.

Sementara itu, Suhartati, selaku Ketua Tim Penggerak PKK menyampaikan bahwa kegiatan pertemuan ini dilaksanakan sebulan sekali. Pertemuan tersebut  diisi dengan kegiatan rutin pelatihan atau sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan para kader.  Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com